Now Reading:
Manfaat Sauna Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Full Article 2 minutes read

Manfaat Sauna Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

kholic.id – Tidak seperti di Korea, lakukan sauna sebagai treatment menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh masih jarang dilakukan di Indonesia.

Padahal, sauna dapat memberikan banyak kelebihan bagi tubuh, baik dari dalam berupa kesehatan dan kebugaran maupun dari luar, yang menghasilkan kulit lebih bersih dan segar. Lalu apa saja manfaat sauna bagi kesehatan dan kecantikan?

1. Meningkatkan sirkulasi darah. Udara hangat dan lembap dari uap panas dapat menyehatkan jantung sehingga sirkulasi darah lebih lancar.

2. Menurunkan tekanan darah. Saat terkena hawa hangat dari sauna, tubuh mengeluarkan hormon aldosteron yang membantu menstabilkan tekanan darah, terutama yang miliki masalah darah tinggi.

3. Mengurangi stres. Berada di ruang penuh uap juga menurunkan produksi hormon kortisol yang dikenal sebagai pemicu stres. Kemampuan otak untuk fokus juga meningkat sehingga membuat tubuh semakin bugar.

4. Membersihkan sistem pernapasan. Uap panas dapat menghangatkan membran mukus dalam hidung, membuat tubuh dan paru-paru mampu melakukan napas yang lebih dalam. Hasilnya? Sistem pernapasan termasuk paru-paru jadi semakin sehat.

5. Menyehatkan kulit. Uap panas membuat tubuh mengeluarkan keringat, racun, dan kotoran dari pori-pori. Tak hanya itu, sel kulit mati juga ikut terkelupas sehingga kulit baru yang lebih sehat dan lembut terlihat.

6. Menyembuhkan tubuh yang lelah. Tubuh terasa sakit dan memar pasca latihan keras dapat diredakan dengan sauna. Otot yang terluka dan radang akan rileks, jaringan tisu di dalam otot juga akan terbentuk kembali.

7. Melemaskan otot yang tegang. Aktivitas sehari-hari yang monoton tanpa dibantu olah raga teratur dapat membuat otot tubuh tegang. Uap panas dari sauna dapat membuat otot menjadi rileks dan fleksibel.

8. Membakar kalori. Meningkatnya detak jantung dan tekanan darah saat sauna akan memberi ‘efek samping’ berupa pembakaran kalori. Hal ini akna terlihat semakin nyata jika melakukan sauna setelah olah raga, aerobik, atau yoga dan pilates.

9. Meningkatkan sistem imun. Berbagai teknik hidroterapi (terapi dengan air) dikenal luas dapat meningkatkan sistem imun. Air dan uap hangat dari sauna dapat meningkatkan sel leukosit yang berfungsi memerangi infeksi.

Menambahkan sauna sebagai rutinitas bulanan dapat meningkatkan proses penyembuhan dan membuat tubuh terasa bugar dan sehat. Satu yang harus diingat, perhatikan kebersihan dari ruang sauna yang akan didatangi agar terhindar dari bakteri yang justru merugikan kesehatan.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.