Now Reading:
Kulit Hidung Kering dan Mengelupas? Ikuti 5 Cara Ini agar Kembali Lembut
Full Article 2 minutes read

Kulit Hidung Kering dan Mengelupas? Ikuti 5 Cara Ini agar Kembali Lembut

kholic.id – Musim penghujan yang disertai dengan menyebarnya penyakit pilek dan flu sedang berlangsung. Satu bagian wajah yang ikut menderita adalah area hidung serta kulitnya yang semakin kering.

Keadaan kulit hidung yang kering sangatlah mengganggu. Selain tidak terasa nyaman, penampilan juga jadi kurang oke karena kulit tipis yang mengelupas tanpa henti. Lalu bagaimana cara menanggulangi masalah kulit area hidung yang kering agar kembali lembut dan lembap di musim dingin? Ini dia 5 cara mudahnya!

1. Oleskan Petroleum Jelly. Dengan menggunakan ujung jari, oleskan petroleum jelly (biasanya bermerek Vaseline) secara tipis di kulit lubang hidung bagian luar. Perawatan ini bagus untuk ‘mengunci’ kelembaban kulit.

2. Nyalakan Humidifier. Tidurlah dengan alat humidifier (uap) yang dinyalakan di dalam kamar. Hal ini dapat meningkatkan kadar kelembapan ruangan sehingga mencegah kulit semakin kering. Hidung yang mampet karena flu juga akan terasa lega.

3. Spray Hidung. Saat hidung (bagian dalam dan luar) terasa kering dan tidak nyaman, gunakan nasal spray (bisa dibeli di apotek) dengan cara dioleskan ke area lubang hidung. Nasal spray berfungsi untuk mengembalikan kelembapan di area hidung sekaligus menghilangkan debu, kotoran, dan lendir.

4. Tisu Basah. Tidak miliki nasal spray atau Vaseline? Cukup ambil selembar tisu, basahkan dengan air matang yang bersih, lalu oleskan di area pinggir dan ujung lubang hidung. Bisa juga gunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol dengan cara yang sama.

5. Uap Panas atau Sauna. Sebagai salah satu teknik pengobatan yang umum, uap dari sebaskom air panas juga dapat mengatasi kulit kering di area hidung. Meski teknik ini tidak menghasilkan uap panas yang tahan lama seperti alat humidifier, tidak ada salahnya dicoba!

Satu yang paling penting, usahakan menjaga kelembapan tubuh dari dalam dengan cara minum air putih yang cukup. Minuman hangat seperti teh herbal juga dianjurkan agar tubuh yang lesu karena virus dan penyakit dapat kembali bugar. Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.