Now Reading:
8 Manfaat Kopi Saat Dipakai Sebagai Bahan Skincare
Full Article 2 minutes read

8 Manfaat Kopi Saat Dipakai Sebagai Bahan Skincare

kholic.idKopi adalah produk pangan multifungsi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara, termasuk masalah yang terjadi di kulit.

Biji kopi miliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tak hanya itu, kandungan kafein di dalamnya diakui mampu melancarkan peredaran darah saat digunakan sebagai bahan perawatan kulit atau skincare. Lalu apa saja manfaat kopi saat diusapkan ke tubuh, termasuk wajah dan area sekitar mata?

1. Mengurangi selulit. Jika ampas kopi dipakai sebagai scrub, aliran darah akan menjadi lancar. Tak hanya itu, kulit juga menjadi lebih halus dan cerah.

2. Efek menenangkan. Kandungan antioksidan dalam kopi muncul dari aroma yang dikeluarkan. Jika kopi bisa menstimulasi energi dari dalam tubuh, tekstur dan aroma kopi justru memberi efek menenangkan di luar tubuh.

3. Manfaat anti penuaan dini. Mengusapkan bubuk kopi secara langsung ke permukaan kulit bisa mengurangi efek terbakar sinar matahari, kemerahan, dan garis halus.

4. Vitamin B3 sebagai anti kanker. Biji kopi kaya akan kandungan vitamin B3 (niacin), terutama saat sudah disangrai/dipanggang. Zat niasin inilah yang dapat membantu memecah jaringan kanker kulit (nonmelanoma skin cancer).

5. Meredakan inflamasi. Punya masalah inflamasi (peradangan) karena jerawat? Kandungan CGA (chlorogenic acid) bisa menenangkan kulit yang meradang. Tak hanya itu, bintik kehitaman efek bekas jerawat juga dapat tersamarkan lewat perawatan dengan biji kopi.

6. Perawatan jerawat. Zat CGA (chlorogenic acid) selain bersifat anti inflamasi juga anti bakteri. Lakukan perawatan dengan cara masker bubuk kopi membuat jerawat lebih cepat hilang.

7. Lingkaran hitam (dark circles). Kopi juga dapat memerangi lingkaran hitam yang membandel karena kandungan kafeinnya dapat melancarkan peredaran darah di area mata. Cukup campur ampas kopi dengan minyak zaitun, lalu tepuk perlahan ke area bawah mata. Ingat, jangan diusap seperti scrub karena kulit mata lebih tipis dan sensitif.

8. Perawatan setelah terpapar sinar matahari. Karena efeknya yang anti inflamasi, kopi juga dapat meredakan rasa panas tersengat akibat paparan sinar matahari. Cukup kompres kulit dengan air kopi yang dingin hingga kemerahan dan rasa panas menyengat hilang.

Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.