Now Reading:
Tips Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kuku
Full Article 2 minutes read

Tips Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kuku

kholic.id – Kesehatan tubuh seseorang bisa dilihat dari proses pertumbuhan dan warna kuku.

Perubahan warna kuku atau gangguan dalam pertumbuhan kuku diakui merupakan tanda adanya masalah kesehatan, kekurangan nutrisi, atau stres yang berkelanjutan. Lalu bagaimana cara merawat dan menjaga kebersihan area kuku agar tubuh juga ikut sehat? Berikut beberapa caranya yang dilansir dari laman Healthline.

1. Potong kuku secara rutin, pastikan kuku selalu pendek dan tidak ada sisi tajam di bagian sudut.

2. Jika miliki kuku panjang, pastikan bagian dalam kuku juga ikut dibersihkan tiap mencuci tangan. Sesekali, bersihkan dengan sikat. Gunakan sabun dengan formula ringan dan bilas dengan air mengalir hingga bersih.

3. Sterilkan gunting kuku atau peralatan untuk merawat kuku lainnya dengan alkohol setiap akan dipakai. Hal ini dilakukan agar tidak ada bakteri yang kemungkinan bakal masuk ke area kuku atau kutikula yang infeksi.

4. Jangan gigiti kuku atau kulit kutikula karena bisa memancing infeksi baik di area jari ataupun masalah pencernaan.

5. Hindari kebiasaan mengelupas, menarik, atau menggigit hangnails (bagian kulit yang tumbuh di sisi tepi bersamaan dengan kuku). Lebih baik rendam tangan dengan air hangat sekitar 10-20 menit, lalu gunting perlahan bagian hangnails sependek mungkin dengan gunting steril.

Jika kuku terlihat ada perubahan dalam pertumbuhan atau warna, tidak ada salahnya untuk lakukan konsultasi dengan dokter. Rawatlah kuku dengan baik agar kesehatan tubuh juga terjaga.

Sumber: healthline

 

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.