Now Reading:
Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pelembap Wajah
Full Article 3 minutes read

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Pelembap Wajah

kholic.id – Setelah mandi atau sebelum berpergian biasanya kamu akan mengoleskan pelembap terlebih dahulu ke wajah. Namun, banyak orang yang merasa menggunakan pelembap ini bisa diabaikan karena merasa kulit mereka cukup lembap.

Pelembab dapat mengatasi masalah peradangan atau jerawat akibat kulit yang dehidrasi. Meski begitu kamu tidak bisa sembarangan menggunakan pelembab. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat menggunakan pelembab wajah. Yuk, intip penjelasannya di bawah ini.

1. Produk Pelembap Tidak Sesuai

Produk pelembab terbaik adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Ada berbagai jenis pelembab di dunia kecantikan, mulai dari konsistensi berupa gel, krim, lotion, ointment, dan foam. Jadi selalu pastikan untuk menggunakan pelembab sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Contohnya, bahan hyaluronic acid dan ceramides yang cocok untuk kulit kering, sedangkan serum gel atau produk bebas minyak cocok untuk kulit berminyak.

2. Mengoleskan Pelembap ke Kulit Kering

Kinerja pelembap akan lebih efektif jika diaplikasikan pada kulit yang agak lembap. Kondisi kulit yang lembap menyerap produk dengan sangat baik dan mengunci kelembapan dalam waktu yang lama. Petunjuk pemakaian pelembap juga menyebutkan jika kamu harus mengaplikasikan produk pada kulit yang bersih.

3. Terlalu Keras Saat Menggosok Pelembap

Pelembap harus diaplikasikan dengan memijatnya secara lembut ke kulit. Jika melakukan hal ini, sirkulasi darah akan meningkat dan ini membantu penyerapan produk. Namun, jika kamu menggosok terlalu keras, hal ini akan membuat lapisan pelindung kulit menjadi lemah dan menyebabkan inflamasi yang rentan dengan infeksi.

4. Mengaplikasikan Produk Tidak Sesuai Urutan

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk, kamu harus menerapkannya denganc ara yang benar. Mulailah dengan menggunakan produk yang memiliki konsistensi ringan, hingga produk dengan formula berat. Jika kamu memiliki jerawat, mulailah dengan mencuci wajahmu kemudian oleskan obat jerawat. Terakhir, oleskan pelembap yang mengandung sunscreen.

5. Tidak Mencoba Sebelum Membeli

Sama seperti makeup, kamu juga harus mencoba mengoleskan produk pelembap pada kulit sebelum membelinya. Kamu juga dapat mengaplikasikannya sedikit ke leher selama seminggu untuk melihat reaksinya, seperti menyumbat pori-pori atau menyebabkan iritasi.

Namun jika kamu malas melakukannya, kamu dapat melihat kandungan bahan dalam produk dan menghindari bahan-bahan seperti AHA, BHA, retinol, atau ekstrak tumbuhan. Selain itu, perhatikan juga kandungan parfum, paraben, dan essential oil dalam produk.

6. Menggunakan Krim Pagi di Malam Hari

Kulit bekerja lebih aktif memperbaiki dirinya saat di malam hari, pergantian sel dan regenerasi kulit biasanya terjadi saat kamu sedang tidur. Kamu harus mengaplikasikan produk kecantikan untuk membantu kinerja kulit saat malam hari. Nah, krim malam biasanya mengandung bahan dasar seperti retinol dan peptides untuk menenangkan dan memperbaiki kulit. Maka penggunaan krim pagi memang hanya diperuntukan untuk pagi hari saja.

7. Tidak Menggunakan Pelembap dengan SPF di Pagi Hari

Para ahli biasanya selalu merekomendasikan menggunakan pelembap atau tabir surya, bahkan saat hujan. Ini karena paparan sinar matahari terendah dapat menyebabkan penuaan dini dan mengembangkan potensi kanker kulit. Karena itu, jangan pernah lupa menggunakan pelembap dengan kandungan tabir surya.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.