Now Reading:
Ini 8 Tips Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil
Full Article 3 minutes read

Ini 8 Tips Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil

kholic.id – Sudah tidak diragukan lagi jika kehamilan merupakan salah satu fase paling menakjubkan dalam kehidupan wanita. Saat kamu bersiap untuk mengasuh si kecil yang tumbuh dalam dirimu, tubuhmu tentu mengalami berbagai perubahan, salah satunya perubahan dalam siklus rambutmu.

Dalam kebanyakan kasus, dengan perawatan yang tepat dan diet yang baik, rambut dapat kembali ke kondisi alami dalam 6 bulan setelah melahirkan. Menjaga kesehatan selama sembilan bulan khusus ini sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulitmu. Bagaimana cara merawat rambut selama kehamilan? Simak di bawah ini!

1. Hair Massage

Cara terbaik untuk merawat rambut selema hamil adalah dengan bersantai sambil menikmati hair massage (pijatan rambut). Oleskan rambutmu setidaknya tiga hingga empat kali seminggu. Menggunakan minyak rambut alami adalah cara yang bagus untuk menambahkan sedikit nutrisi ke rambutmu.

Pilihlah minyak yang memiliki bahan-bahan sehat seperti zaitun, kelapa, almond, jojoba, kastor dan sejenisnya. Panaskan sedikit minyak, pastikan tidak terlalu panas, tetapi hanya hangat. Pijat ini melalui kulit kepala dan rambut. Ini akan membantu memperkuat akar dan mencegah rambut rontok. Kamu dapat membungkus handuk hangat di sekitar kepala untuk menambahkan beberapa manfaat tambahan.

2. Shampoo dan Conditioner

Pastikan kamu menggunakan sampo setidaknya dua kali seminggu. Gunakan sampo ringan, atau lebih baik lagi gunakan sampo herbal. Oleskan kondisioner setiap kali kamu mencuci rambut. Berikan perhatian khusus pada ujung rambut untuk menghindari ujung yang kering atau terbelah.

3. Hindari Mewarnai Rambut

Cara terbaik adalah menghindari pewarnaan rambut saat kamu sedang hamil. Tidak ada data ilmiah untuk membuktikan bahwa mewarnai rambut selama kehamilan benar-benar dapat membahayakan bayi, tetapi sebaiknya dihindari. Warna rambut dapat memicu alergi atau infeksi tertentu dan ada baiknya menghindari komplikasi seperti itu selama kehamilan.

4. Menyisir Rambut

Hindari menyisir saat rambut masih basah. Biarkan mengering secara alami terlebih dahulu, atau bisa gunakan pengering rambut dengan suhu sedang. Sisir menggunakan sisir bergigi lebar setelah kering untuk menghindari kerontokan rambut.

5. Trim Rambut

Rambutmu mengalami perubahan yang berbeda selama kehamilan, menyebabkan perbedaan dalam tekstur dan ketebalan rambut. Perawatan yang tepat adalah melakukan trim rambut biasa yang akan membantu mengindari ujung rambut bercabang. Gaya rambut baru juga merupakan penambah suasana hati yang hebat!

6. Pahami Jenis Rambutmu

Perubahan hormon benar-benar dapat mengacaukan jenis rambutmu. Yang terbaik adalah memahami jenis rambut Anda saat ia berubah selama fase ini. Gunakan produk yang khusus dibuat sesuai jenis rambutmu. Ini akan membantu menambah nutrisi yang dibutuhkan pada rambut, membuatnya tidak mudah rusak dan rontok.

7. Diet Seimbang

Segala sesuatu yang kamu konsumsi saat hamil akan membantu pemberian nutrisi pada bayimu, serta memberi tubuhmu kekuatan yang dibutuhkan untuk melewati perubahan. Diet seimbang juga penting untuk memberi nutrisi pada rambutmu. Sertakan susu, buah-buahan, sayuran, daging, ikan, lentil, biji-bijian, buah-buahan kering, dan bahan-bahan lainnya dalam makanan sehari-harimu. Periksa dengan doktermu untuk mengetahui apakah ada item makanan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan.

8. Bersantai

Stres adalah salah satu alasan utama kerontokan rambut selama kehamilan. Perubahan hormon dan suasana hati dapat memiliki hasil negatif untuk rambutmu. Manjakan diri dalam kegiatan yang membantumu bersantai. Berendamlah dalam air hangat, nyalakan lilin aromatik, dengarkan musik yang menenangkan, meditasi, berlatih yoga, tidur, pergi untuk pijat kepala santai di salon, manjakan diri dengan terapi ritel.

Langkah-langkah sederhana tersebut dapat memainkan peran besar dalam meredakan bulan-bulan kehamilan dan membantumu mengatasi dengan lebih baik perubahan yang kamu alami. Ini adalah waktu yang istimewa, jadi nikmati sepenuhnya.

Sumber: stylecraze

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.