Now Reading:
Masalah Kesehatan Kulit dan Komplikasi yang Timbul karena Tato
Full Article 2 minutes read

Masalah Kesehatan Kulit dan Komplikasi yang Timbul karena Tato

kholic.id – Saat seseorang memutuskan untuk memiliki tato, sang pembuat tato akan menggunakan alat yang langsung menghubungkan jarum untuk kemudian menusuk dan menembus kulit. Setiap kali ujung jarum membuat lubang di kulit, aliran tinta akan masuk hingga ke dermis, lapisan ke-2 dari kulit teratas setelah epidermis.

Tato sendiri dikenal sebagai seni visual untuk mengekspresikan diri. Akan tetapi, tato juga dapat merusak kulit hingga menyebabkan komplikasi apabila dilakukan tidak sesuai prosedur. Beberapa masalah kulit dan komplikasi yang dapat timbul karena efek dari tato adalah:

1. Reaksi alergi karena pewarna/tinta dari tato, yang biasanya muncul secara bertahap dalam beberapa tahun pasca bertato. Tanda yang biasa muncul adalah timbul ruam (kemerahan) tepat di area tato.

2. Infeksi kulit, seperti infeksi staph (dari bakteri staphylococcus) dan TBC kulit.

3. Adanya peradangan di jaringan kulit yang tertimpa tato, biasa disebut granuloma.

4. Pembentukan keloid berupa pertumbuhan berlebih jaringan tisu di kulit sehingga menyebabkan ‘daging tumbuh’ dengan warna terang (biasanya putih).

5. Penyakit yang ditularkan melalui darah seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, dan tetanus. Penyakit ini bisa terjadi lewat kontak langsung dari jarum tato yang tidak steril dan terkontaminasi virus.

6. Gangguan dengan tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) di masa mendatang karena jaringan asli kulit telah tertutup tinta tato.

7. Rasa panas terbakar hingga pembengkakan di area kulit yang diberi tato.

Foto: tumblr/deanfluenzed

Satu yang harus diingat, hingga kini tidak ada peraturan pemerintah, baik di Indonesia ataupun luar negeri seperti Amerika yang mengatur keamanan dalam menggunakan dan memberi tato.

Kini lebih dari 50 jenis pewarna dipakai sebagai bahan tato dengan label izin untuk kosmetik, bukan untuk disuntikkan ke dalam tubuh. Pigmen yang terdaftar dalam tinta tato juga hanya diakui aman dipakai di atas permukaan kulit, bukan di dalam lapisan kulit.

Jadi, sebelum memutuskan untuk bertato, pikirkan dulu baik-baik agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.