Now Reading:
Penyebab Kulit Leher Bagian Belakang Menghitam dan Cara Menanggulanginya
Full Article 2 minutes read

Penyebab Kulit Leher Bagian Belakang Menghitam dan Cara Menanggulanginya

kholic.id – Warna kulit yang bersih, cerah, dan rata merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, masih banyak yang menderita karena miliki warna kulit tidak rata, termasuk di area leher bagian belakang.

Menghitamnya area kulit leher bagian belakang biasa disebut black neck. Masalah kulit ini timbul karena adanya kondisi Acanthosis nigricans (AN), di mana kulit jadi menghitam dan menebal sehingga berbeda dengan area kulit yang lain. AN biasanya timbul di area lipatan kulit seperti leher bagian belakang, ketiak, hingga selangkangan dan bisa dialami oleh pria, wanita, dan anak-anak..

Lalu bagaimana cara menanggulangi masalah black neck agar tidak jadi masalah serius?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan cek darah karena nyatanya, black neck berhubungan erat dengan tingginya kadar insulin yang merupakan penyebab utama penyakit diabetes. Black neck juga merupakan tanda dari adanya penyakit Sindrom Cushing, kanker, kelainan hormon, hingga obesitas (kelebihan berat badan).

Selanjutnya, lakukanlah perawatan dengan cara eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) secara berkala. Bisa juga dengan meminta pengobatan dokter kulit lewat krim yang mengandung salicylic acid, Retin-A atau Retinol, dan Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Jika ada biaya lebih, bisa juga melakukan perawatan berupa chemical peels atau dengan teknik laser.

Satu yang harus diingat, kondisi kulit leher bagian belakang yang menghitam alias black neck sendiri bukanlah masalah serius. Akan tetapi, kondisi ini sebagian besar merupakan tanda adanya penyakit di dalam tubuh.

Jika Chingudeul mengalami black neck, jangan ragu untuk langsung konsultasi ke dokter, ya!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.