Now Reading:
Punya Bibir Pecah-Pecah Sampai Berdarah? Ini Cara Perawatannya
Full Article 2 minutes read

Punya Bibir Pecah-Pecah Sampai Berdarah? Ini Cara Perawatannya

kholic.id – Punya masalah bibir kering hingga mengelupas dan berdarah rasanya pasti menyakitkan. Akan tetapi, masih banyak orang yang menganggap sepele sehingga tidak diobati secara serius.

Berbeda dengan kulit tubuh lainnya, bibir adalah satu-satunya area kulit tubuh yang tidak memproduksi minyak. Lalu bagaimana cara mencegah keringnya bibir agar terhindar dari bibir pecah-pecah hingga berdarah? Ini dia solusinya.

1. Jangan dijilat! Menjilat bibir hanya akan membuatnya semakin kering karena air liur (saliva) miliki sifat cepat menguap.

2. Jangan pakai pelembab bibir dengan rasa dan aroma manis. Saat Chingudeul memakai sesuatu yang miliki aroma dan terasa enak di area bibir, lidah akan secara otomatis terangsang untuk ‘mencicipi’. Lipbalm alias pelembap bibir yang memiliki rasa dan aroma memang menarik. Tapi kalau berujung pada bibir yang lebih kering, sebaiknya jangan dipakai, ya!

3. Pakai sunscreen. Jika ada rencana untuk lakukan kegiatan di luar ruang, gunakan lipbalm yang mengandung sunscreen. Kandungan ini akan menghindari bibirmu tersengat matahari yang kadang membuatnya lebih kering hingga dapat mengelupas.

4. Tutupi area mulut saat udara sedang tak menentu. Udara yang dingin dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Tutupi dengan scarf, sapu tangan, atau masker agar terlindung dari udara kering.

5. Jauhi produk yang jadi pencetus keringnya area bibir. Kulit bibir yang sensitif dan mudah iritasi akan semakin kering saat melakukan kontak dengan parfum/alkohol, zat pewarna/pemutih, hingga wewangian. Saat menggunakan atau mengaplikasikan benda yang mengandung bahan tersebut, jangan sampai bersentuhan dengan bibir, ya!

6. Jaga kelembapan dan hidrasi tubuh, luar dan dalam! Udara saat musim dingin/penghujan akan membuat kulit lebih kering. Tak ada salahnya menjaga kelembapan udara di rumah dengan menggunakan humidifier. Pastikan juga untuk minum air putih sekitar 2 liter setiap hari agar tubuh terhindar dari dehidrasi, yang menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah.

Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.