Now Reading:
Tips Dasar Merawat Kulit untuk Pemilik Kulit Sensitif
Full Article 2 minutes read

Tips Dasar Merawat Kulit untuk Pemilik Kulit Sensitif

kholic.id – Punya kulit sensitif kadang membuat sang pemilik menderita. Biasanya, sang pemilik kulit tidak mengetahui bahwa kulitnya sensitif sebelum terkena reaksi dari produk tertentu seperti sabun, pelembap, make up, dan lain-lain.

Kondisi kulit sensitif sebetulnya merupakan masalah yang cukup serius. Kulit sensitif bisa membuat kulit menjadi kering, bersisik, gatal, mengelupas, hingga pecah-pecah dan berdarah.

Lalu bagaimana cara menjaga dan merawat kulit yang sensitif agar tidak bertambah parah? Berikut beberapa tips yang dilansir dari laman Healthline!

1. Senang mandi dengan air hangat? Pastikan waktu mandi tidak lebih dari 5-10 menit agar kelembapan kulit tetap terjaga.

2. Hindari bahan perawatan rambut dan tubuh yang mengandung alkohol atau eksfoliant/scrub.

3. Pakailah sabun badan/wajah/tangan yang diformulasikan lembut dan bebas wewangian.

4. Alih-alih memakai parfum yang mengandung alkohol, sebaiknya gunakan minyak esensial untuk wewangian tubuh.

5. Gunakan sabun pencuci baju (deterjen) yang diformulasikan lembut, lebih dianjurkan yang tidak mengandung pewangi.

6. Cobalah gunakan pembersih rumah dengan bahan organik. Misal, membersihkan kamar mandi dengan campuran cuka apel dan baking soda.

7. Pastikan selalu memakai krim atau gel yang menyejukkan saat sedang dan setelah bercukur.

8. Saat setelah mandi, tepuk pelan tubuh yang basah dengan handuk dan jangan diusap kencang. Saat kulit tubuh masih lembap, langsung gunakan body lotion atau body butter dan pelembap agar kulit tidak terasa kering dan kaku.

9. Tes produk baru dengan cara dioleskan/disemprotkan ke bagian pergelangan tangan atau bawah leher sehari sebelum pemakaian. Jika tidak ada iritasi, maka produk tersebut aman dipakai ke seluruh tubuh.

Kulit sensitif kadang bisa diikuti dengan alergi. Jika mengalami ruam kulit, kemerahan, hingga gejala sulit bernapas atau pembengkakan di bagian tubuh tertentu (wajah/bibir), jangan ragu untuk langsung menghubungi dokter.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.