Now Reading:
Trik dan Cara Aman Warnai Rambut untuk Ibu Hamil
Full Article 2 minutes read

Trik dan Cara Aman Warnai Rambut untuk Ibu Hamil

kholic.id – Ada banyak hal yang dapat membuat ibu hamil merasa segar dan bahagia, salah satunya adalah mengganti warna rambut.

Akan tetapi, produk pewarna rambut mengandung bahan kimia yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin. Meski secara keseluruhan mewarnai rambut saat hamil diperbolehkan oleh dokter, ada beberapa cara lebih aman yang dapat dilakukan ibu hamil yang ingin mewarnai rambut.

Berikut tips dan cara aman bagi ibu hamil yang ingin mengganti warna rambut yang kami lansir dari laman Healthline.

1. Tunggu hingga kehamilan sudah masuki trimester kedua

Masa trimester pertama adalah saat terpenting pembentukan janin. Ada baiknya sang calon ibu menyediakan ‘lingkungan’ yang sehat dan perlindungan optimal bagi bayi dengan tidak mengaplikasikan bahan kimia yang dapat terserap ke tubuh, termasuk kulit kepala.

Biasanya, rambut ibu hamil tumbuh lebih cepat dibanding saat sebelum hamil. Untuk meminimalisasi potensi kerusakan pada janin yang sedang berkembang, beberapa ahli menyarankan agar tidak mewarnai rambut pada 12 minggu pertama kehamilan.

2. Pilih alternatif teknik perawatan rambut

Mewarnai rambut saat sedang hamil memang masih tergolong aman, namun ada baiknya untuk berhati-hati. Untuk menghindari efek samping yang mengkhawatirkan, pilihlah produk yang berbahan lembut untuk kulit kepala agar zat kimia yang terpapar ke kulit juga lebih sedikit.

Bisa juga meminta hair stylist untuk lakukan highlight, frosting, atau streaking rambut (alih-alih mewarnai seluruh rambut) agar potensi kulit kepala yang terpapar zat kimia jadi lebih minimal.

3. Pilih pewarna dengan bahan yang aman

Pewarna rambut permanen memang menghasilkan kepuasan tersendiri, dengan warna yang lebih nyata dan menarik. Untuk lebih aman di masa kehamilan, pilihlah pewarna semi permanen yang tidak mengandung amoniak (ammonia-free) atau bleach-free. Bisa juga memilih pewarna rambut dengan bahan utama tumbuhan atau henna.

Jika mewarnai rambut membuat mood seorang ibu hamil jadi jauh lebih baik, hal ini tetap diperbolehkan. Satu yang harus diingat, hindarilah pewarnaan seluruh rambut yang bisa membuat bahan kimia meresap ke kulit kepala.

Jangan lupa lakukan tes warna terlebih dahulu, karena pengaruh hormon dapat membuat tubuh dan rambut miliki reaksi berbeda dibanding saat sebelum hamil.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.