Now Reading:
Manfaat ‘Tersembunyi’ Kacang Kedelai sebagai Anti Penuaan Dini
Full Article 1 minutes read

Manfaat ‘Tersembunyi’ Kacang Kedelai sebagai Anti Penuaan Dini

kholic.id – Sudah jadi rahasia umum, apa yang kita makan akan memberikan efek langsung pada kesehatan seluruh tubuh termasuk kulit.

Dari sekian banyak tumbuhan yang dikonsumsi manusia, kacang kedelai ternyata miliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Di Indonesia sendiri, kedelai sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan utama hidangan pendamping seperti tahu, tempe, hingga kecap dan susu kedelai yang lezat.

Kacang kedelai dan olahannya. | Foto: ist

Lalu apa manfaat kacang kedelai bagi kecantikan?

Kacang kedelai miliki kandungan isoflavon yang struktur kimianya mirip dengan hormon estrogen. Dengan mengonsumsi kacang kedelai secara teratur, gejala penuaan dini seperti kerutan di wajah akan memudar. Elastisitas kulit juga meningkat sehingga kulit lebih lentur dan kenyal saat disentuh.

Bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause, konsumsi kacang kedelai juga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kekeringan kulit. Zat isoflavon juga dapat membantu sel di dinding kulit dalam melawan radiasi sinar UV sehingga masalah seperti bintik hitam hingga kanker kulit dapat dicegah.

Jadi, masih ragu untuk mengonsumsi kacang kedelai dan olahannya?

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.