Now Reading:
Lakukan Eksfoliasi Berlebihan, Ini 5 Tanda yang akan Muncul di Kulit Wajahmu
Full Article 2 minutes read

Lakukan Eksfoliasi Berlebihan, Ini 5 Tanda yang akan Muncul di Kulit Wajahmu

kholic.id – Eksfoliasi menggunakan scrub mungkin menjadi salah satu rutinitas favoritmu untuk menghilangkan kulit mati di wajah.

Namun, jika melakukan eksfoliasi terlalu berlebihan justru malah dapat merusak dan menimbulkan berbagai masalah di kulit wajahmu. Apa saja tanda yang terjadi di kulit wajahmu jika melakukan ekfoliasi terlalu berlebihan?

1. Kulitmu Tampak Mengkilap

Ketika kamu melakukan eksoliasi berlebihan, cahaya karena minyak lebih mudah memantul ke kulitmu karena kehilangan kelembapan alaminya. Ingatlah bahwa scrub sering mengandung asam dan retinol yang jika digunakan secara berlebihan dapat merusak kulitmu.

2. Wajahmu Terlihat Bengkak

Eksfoliasi secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajahmu. Scrub memang membantu mengelupaskan kulit mati, tetapi ketika kamu melakukannya secara berlebihan, itu dapat merusak penghalang lipid alami pada kulit yang pada akhirnya menyebabkan kulit bengkak.

3. Komedo Bermunculan

Saat kamu mengeksfoliasi telalu berlebihan, itu malah dapat menghilangkan minyak alami dari kulitmu. Untuk mengimbanginya, kulitmu akan mulai memproduksi lebih banyak minyak yang mengarah ke komedo dan jerawat. Jadi, jika kamu benar-benar ingin menghilangkan jerawat, pastikan mengekfoliasi kulit hanya sekali atau dua kali seminggu.

4. Kulitmu Terkelupas

Eksfoliasi berlebihan juga dapat menghilangkan kemampuan kulit untuk menahan air. Tekstur scrub yang kasar dapat mengelupas kulitmu dari waktu ke waktu dan membuat kulitmu semakin sensitif.

5. Kulit Seperti Terbakar

Jika kulitmu merasakan sensasi seperti kesemutan setiap kali menggunakan pelembap harin, kemungkinan besar kamu telah mengganggu epidermis kulitmu dengan mengekfoliasi secara berlebihan, dan menyebabkan kulit kehilangan penghalang pelindungnya.

Sumber: bebeautiful

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.