Now Reading:
Tips Cegah Kerontokan Rambut Pasca Melahirkan
Full Article 1 minutes read

Tips Cegah Kerontokan Rambut Pasca Melahirkan

kholic.id – Banyak perempuan mengalami dehidrasi, pegal, stres, hingga penurunan level hormon esterogen ketika dalam masa pemulihan pasca melahirkan.

Hal tersebut nyatanya meningkatkan sensitivitas di akar rambut, sehingga menyebabkan kerontokan rambut dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Beberapa kasus rambut rontok ini kadang berhubungan kuat dengan adanya stres dan rasa lelah karena memiliki bayi.

Kondisi ini untungnya bersifat sementara. Dalam jangka waktu sekitar 1 tahun, masalah kerontokan rambut akan berkurang seiring stabilnya hormon dalam tubuh.

Untuk menghindari masalah rambut rontok setelah melahirkan, ada baiknya tetap melanjutkan vitamin pasca melahirkan lewat resep dokter, terutama bagi ibu yang menyusui. Konsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, dan hindari tatanan rambut yang membuat helai rambut tertarik dari akar (misal: mengikat rambut terus menerus).

Banyak ahli dermatologis menganjurkan penggunaan shampo dan kondisioner berbahan ringan agar kesehatan rambut tetap terjaga. Sesekali, kunjungilah salon untuk melakukan perawatan sekaligus pijatan ringan di kepala agar rasa tegang dan stres dapat mereda.

Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.