Now Reading:
10 Tips Cegah Pipi Blushing Alias Kemerahan
Full Article 3 minutes read

10 Tips Cegah Pipi Blushing Alias Kemerahan

kholic.idBlush on adalah salah satu make up yang banyak dipakai wanita untuk menciptakan nuansa rona kemerahan di pipi, sehingga wajah kelihatan sehat dan segar.

Tapi bagaimana jika pipi kita sudah blushing permanen alias kemerahan dari sananya? Apalagi, rona merah ini sering muncul saat cuaca panas atau saat hormon adrenalin meningkat.

Kadang, situasi ini justru membuat kita tidak nyaman dan penampilan jadi tidak sempurna. Berikut 10 tips untuk mencegah terjadinya pipi blushing atau kemerahan!

1. Tarik napas dalam secara perlahan

Biasanya, blushing muncul saat tubuh mendapat tekanan atau stres. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam secara pelan, lalu hembuskan perlahan. Cara ini mampu menenangkan diri dari dalam sehingga pipi yang blushing akan ‘mereda’.

2. Senyum

Merasa stres atau malu sehingga pipimu merah? Senyum saja! Lakukan trik tipuan tubuh seperti ini bisa membuat pikiranmu lebih tenang.

3. Dinginkan Suasana

Biasanya, pipi blushing muncul saat suasana mulai ‘panas’. Cobalah renggangkan pakaian atau pindah ke tempat yang lebih sejuk agar suhu tubuh dapat kembali normal.

4. Banyak minum air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi terbukti mampu mencegah blushing. Atau, bisa juga saat pipi kalian mulai memerah, minumlah sesuatu yang memberi efek dingin dan sejuk bagi tubuh seperti air es atau jus.

5. Pikirkan hal yang lucu

Pipi memerah menandakan ada reaksi dari dalam tubuh. Cara terbaik adalah buat dirimu terdistraksi dengan hal yang tak terduga. Pikirkan hal yang lucu dan langsung membuatmu tertawa (misalnya, adegan lucu dari variety show!). Ini akan membuat tubuhmu rileks dan blushing berkurang.

6. Cari tahu penyebab blushing

Terlalu sering mengalami pipi blushing pastinya bisa membuat khawatir. Sayangnya, rasa khawatir itu justru akan membuat pipimu semakin merah. Pahami diri sendiri, cari tahu hal apa yang sering membuatmu blushing. Jika situasi tersebut datang, maka kamu sudah bisa menangkalnya.

7. Hindari penyebab/pencetus pipi blushing

Terlalu lama terkena cahaya matahari hingga kebanyakan mengonsumsi kafein dan hidangan pedas adalah pemicu pipi blushing. Tak hanya itu, penyakit kulit seperti rosacea yang biasanya muncul di area pipi juga bisa jadi penyebab pipi sering memerah.

8. Pakailah make up!

Satu cara terbaik untuk menutupi rona merah di wajah akibat blushing adalah memakai base make up seperti primer dan foundation dengan warna dasar hijau (green color correcting make up). Warna ini akan menjadi kamuflase yang bagus bagi kulit, terutama saat suasana penting (dan menegangkan) seperti meeting, presentasi, atau melamar kerja.

9. Pejamkan mata sebentar

Merasa tidak nyaman saat berada di hadapan banyak orang sehingga membuat pipimu blushing? Tak ada salahnya alihkan perhatian dengan cara memejamkan mata sekitar 1 atau 2 detik. Trik ini akan membuat tubuhmu rileks.

10. Hindari kontak mata secara berkala

Saat pipi mulai memerah dan kamu merasa banyak orang yang memperhatikan, coba hindari kontak mata dengan orang lain -terutama dari orang yang membuatmu tidak nyaman. Tarik napas perlahan, lalu hembuskan hingga pipimu tidak lagi terasa panas.

Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.