Now Reading:
Pori-Pori Besar di Area Hidung? Kenali 13 Penyebab Utamanya yang Tidak Kamu Sadari
Full Article 2 minutes read

Pori-Pori Besar di Area Hidung? Kenali 13 Penyebab Utamanya yang Tidak Kamu Sadari

kholic.id – Punya pori-pori besar di area hidung jadi salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu.

Jika pori di hidung mulai tersumbat dengan kotoran atau sel kulit mati, masalah ini jadi akan semakin terlihat. Pori yang tersumbat umumnya diakibatkan dari penumpukan sebum (sel minyak) dan sel kulit mati yang kemudian menumpuk di folikel rambut. Penyumbatan ini lama-kelamaan jadi mengeras sehingga pori-pori membesar.

Lalu apa penyebab utama dari faktor eksternal yang membuat pori-pori di area hidung jadi membesar? Berikut 13 di antaranya yang kami lansir dari Healthline!

1. Jerawat.

2. Kelebihan produksi minyak (biasanya terjadi pada pemilik kulit berminyak).

3. Jarang lakukan eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati), yang akhirnya membuat penumpukan sel kulit mati yang seharusnya terbuang.

4. Peningkatan kelembapan udara.

5. Udara panas.

6. Terpaan sinar matahari, terutama jika kalian tidak memakai sunscreen.

7. Faktor genetik. Jika orang tua miliki kondisi kulit berminyak dan berpori-pori besar di area hidung, besar kemungkinan kalian juga akan mengalami kondisi serupa.

8. Fluktuasi hormon, misalnya pada saat masa menjelang menstruasi atau pubertas.

9. Konsumsi alkohol atau kafein yang berlebihan, karena dapat membuat kulit kering sehingga meningkatkan produksi sebum.

10. Pola makan/diet yang salah.

11. Stres atau tekanan batin yang berat.

12. Miliki kebiasaan buruk dalam lakukan perawatan kulit/skincare, seperti jarang mencuci muka atau sering menggunakan make up dengan oil base.

13. Kulit kering. Kondisi kulit kering (bukan dehidrasi!) membuat pori-pori kulit lebih terlihat karena adanya peningkatan produksi sebum dan menumpuknya sel kulit mati di permukaan epidermis.

Kunci utama untuk ‘mengecilkan pori’ adalah dengan cara membersihkan wajah dan area hidung secara seksama. Lakukan beberapa perawatan rutin seperti eksfoliasi¬†(misal, dengan toner yang mengandung AHA dan BHA) hingga memakai pore pack untuk menjaga agar kulit di area hidung selalu bersih.

Selamat mencoba!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.