Now Reading:
15 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Muka (Part.2)
Full Article 2 minutes read

15 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Muka (Part.2)

kholic.id – Lewat artikel sebelumnya, 7 dari 15 hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mencuci muka telah kami bahas. Lalu apa saja 8 poin lainnya yang harus diperhatikan saat mencuci muka? Ini dia!

8. Jangan bersihkan wajah hanya sampai area dagu! Bersihkanlah wajah setelah beraktivitas seharian dengan seksama hingga area bawah rahang dan leher. Pijat perlahan ke arah atas agar kekencangan kulit tetap terjaga.

9. Keringkan wajah dengan handuk yang halus. Tepuk-tepuk ringan hingga sisa air terserap sepenuhnya.

10. Jangan membersihkan wajah terlalu bersih (over wash). Banyak orang melakukan kegiatan wajah sambil mandi, ini artinya mereka mencuci wajah 2 kali sehari. Hal ini sebetulnya tidak dianjurkan karena dapat membuat permukaan kulit wajah menjadi kering.

11. Pakai sesuai anjuran yang tertulis dalam kemasan. Sudah pakai toner, essence, atau ampoule tapi tidak merasakan adanya perubahan? Ada baiknya menyimak kembali aturan pemakaian yang tertera dalam kemasan. Bisa jadi kalian memakainya terlalu sedikit dengan alasan ingin menghemat.

12. Jangan over exfoliate. Lakukan eksfoliasi memang menyenangkan karena kulit wajah langsung terasa halus saat disentuh. Akan tetapi, jika berlebihan kulit wajah akan menjadi semakin tipis dan terlalu sensitif. Lakukanlah eksfoliasi 2 atau 3 kali seminggu.

13. Jangan lupakan toner! Setiap selesai mencuci muka, pH kulit menjadi tidak normal karena terkena air dan zat pembersih lain. Seimbangkan kembali pH kulitmu dengan toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Pilih yang miliki kandungan aman seperti mawar, chamomile, atau witch hazel.

14. Pakai pelembap setiap hari! Saat selesai membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah serta terhindar dari kulit yang kering dan mengelupas.

15. Sesekali, lakukan eksperimen dalam teknik mencuci muka. Beberapa orang ada yang cukup mencuci wajah dengan air saja, ada pula yang baru bisa mendapat tekstur kulit yang lembap dan sehat jika mencuci wajah 2 kali sehari. Dengan begitu, kalian akan menemukan cara terbaik dan paling cocok dalam mencuci muka.

Satu yang harus diingat, mencuci wajah adalah langkah pertama dalam rangkaian skincare untuk membersihkan semua sisa kotoran. Jangan abaikan langkah perawatan lainnya demi mendapatkan kulit yang selalu bersih, sehat, dan glowing.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.