Now Reading:
15 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Muka (Part.1)
Full Article 2 minutes read

15 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Muka (Part.1)

kholic.idMencuci muka adalah rutinitas skincare termudah yang dilakukan hampir semua orang.

Tak hanya dengan menggunakan sabun cuci muka atau facial wash, teknik mencuci muka kini semakin berkembang dengan tambahan alat pembersih atau produk tertentu. Akan tetapi, dari sekian banyak cara mencuci muka, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja?

Ini dia 7 dari 15 hal tentang serba-serbi mencuci muka yang dibeberkan oleh ahli dermatologi Dr. Jennifer Haley, dilansir dari Healthline!

1. Bersihkanlah make up secara seksama dan hingga bersih sebelum mencuci muka. Ini dilakukan agar pori-pori tidak tersumbat karena kotoran dan sisa residu saat mencuci muka.

2. Jangan asal cuci muka, apalagi pakai sabun biasa (contoh: sabun mandi). Satu yang harus diingat, kulit wajah miliki pH berbeda dengan kulit tubuhmu. Hindari juga sabun cuci muka yang miliki banyak busa karena justru lebih cepat merusak kulit.

3. Pakai air hangat kuku yang suhunya serupa dengan suhu tubuhmu. Kulit wajah yang sudah lelah seharian jangan dibuat ‘kaget’ dengan air yang terlalu dingin atau air yang terlalu panas, ya!

4. Jangan gosok wajah dengan washcloth, apalgi dengan tujuan untuk eksfoliasi (mengelupas) sel kulit mati. Lakukanlah eksfoliasi dengan sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid, glycolic acid, atau lactic acid yang aman dan lembut bagi kulit.

5. Coba gunakan micellar water, terutama untuk pemilik kulit sensitif atau yang jarang memakai make up untuk kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan air biasa, micellar water adalah air yang miliki micelles, molekul minyak yang berukuran jauh lebih kecil dibanding molekul air sehingga mampu mengikat kotoran dengan cara nyaman dan lembut.

6. Jangan cuci muka dengan spons/loofah karena benda tersebut menyimpan banyak bakteri yang justru membuat wajah semakin iritasi.

7. Sesekali bersihkan wajah dengan sikat halus (facial brush), terutama bagi pemilik wajah berminyak. Alat ini dapat membersihkan kotoran hingga ke dalam pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati dan mengurangi tumbuhnya jerawat.

Satu yang harus diingat, mencuci wajah adalah langkah pertama dalam rangkaian skincare untuk membersihkan semua sisa kotoran. Lalu hal apa lagi yang harus diperhatikan saat mencuci muka? Kalian bisa lihat dalam bagian kedua di sini.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.