Now Reading:
5 Alasan Kenapa Rambutmu Lebih Banyak Rontok di Musim Panas
Full Article 2 minutes read

5 Alasan Kenapa Rambutmu Lebih Banyak Rontok di Musim Panas

kholic.id – Di balik kesenangan menyambut liburan musim panas, masalah rambut dapat mengancam akivitas rekreasimu. Saat musim panas, rambut lebih sering terkena sinar matahari, chlorine, dan air laut. Hasilnya rambut jadi kering, rusak, dan membuatnya lebih mudah dan banyak rontok.

Untuk mencegah hal itu, kalian harus tahu persis mengapa rambut lebih banyak rontok di musim panas agar lebih mudah dikontrol dan dicegah. Berikut ada 5 alasan kenapa rambutmu lebih banyak rontok saat musim panas.

1. Matahari

Kita pasti berada di bawah terik matahari musim panas saat keluar rumah. Sinar UV matahari dapat mengisap setiap jejak kelembapan dalam kulit kepala, dan membuat rambutmu menjadi kusam, kering, dan berubah warna. Selain itu, rambut kering jadi lebih rapuh sehingga mudah patah. Untuk mencegah hal itu, kamu bisa melindungi rambut dengan menggunakan topi atau pelindung panas.

2. Chlorine

Di musim panas, rambut kita bisa terkenan bahan kimia seperti chlorine yang berada di kolam renang yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambutmu. Hal itu dikarenakan Chlorine mengandung sifat kimia yang mengeringkan batang rambut dan melepas sebum yang membautnya jadi kusam, rapuh, kasar, dan rentan terhadap kerusakan.

Untuk mencegahnya, kamu harus mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa ke rambutmu untuk melapisi dan membuatnya tetap lembap.

3. Ketombe

Cuaca panas diketahui dapat memperburuk ketombe, karena mikroba penyebabnya yakni malassezia globossa semakin mudah untuk berkembang. Jika tidak diobati, ketombe dapat membuat kulit kepala gatal dan meradang, serta terjadi kerontokan rambut sementara. Untuk menghindarinya, sangat penting untuk menggunakan sampo anti-ketombe di musim panas.

4. Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah

Di musim panas, biasanya rambut kita jadi lebih sering membuat kontak dengan air, seperti berada di kolam renang, laut, atau jadi lebih sering keramas untuk menghilangkan rasa panas di kepala. Tapi perlu diperhatikan, jangan menyisir rambut dalam keadaan masih basah karena lebih mudah rontok.

5. AC

AC (Air conditioners) mungkin jadi musuh terburuk rambutmu, dan sayangnya kita justru lebih sering menggunakannya di musim panas. AC dapat mengeluarkan kelembapan dari rambutmu dan membiarkannya kering sehingga menyebabkan kerontokan. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa mencoba menggunakan conditioner atau mengoleskan hair mask yang melembapkan rambut sekali dalam seminggu.

Sumber: bebeautiful

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.