Now Reading:
Ini 7 Perawatan Kulit Wajah yang Harus Kamu Lakukan Saat Usia 30-an
Full Article 3 minutes read

Ini 7 Perawatan Kulit Wajah yang Harus Kamu Lakukan Saat Usia 30-an

kholic.id – Memasuki usia 30-an, kondisi kulitmu tidak sama saat berusia 20-an, dan beberapa masalah akan lebih rentan menyerang kulitmu. Tidak hanya garis halus dan kerutan yang menjadi musuh utama kulit wajahmu, tetapi juga perubahan warna kulit karena efek sinar matahari.

Pada usia 30-an kamu juga harus lebih waspada karena penurunan berkurang kemampuannya untuk meluruhkan sel kulit matinya dibandingkan saat usia kita 20-an. Maka dari itu, pemilihan produk kecantikan harus disesuaikan dengan kondisimu saat usia 30-an. Apa saja perawatan wajah yang wajib kamu lakukan? Berikut jawabannya!

1. Pembersih Wajah

Saat di usia 20-an kamu masih bisa menggunakan clenaser berjenis facial foam, tapi kini sudah saatnya kamu beralih ke cleanser tanpa foam atau pembersih wajah yang tidak mengeringkan kulit. Tenang, ada beberapa pilihan pembersih wajah kok. Misalnya kamu bisa memilih cleansing oil, cleansing gel atau cleansing milk. Dengan menggunakan jenis produk ini kulit akan terasa lebih bersih dan lembap.

2. Serum Anti Aging

Disadari atau tidak, kulitmu akan lebih rentan terhadap kerutan dan garis-garis halus yang mengganggu penampilan saat berusia 30-an. Agar hal itu tidak terjadi padamu, cegahlah dengan rutin menggunakan anti aging ke dalam urutan perawatan kulitmu.

3. Pelembap

Seiring bertambahnya usia, kulit juga akan berkurang kelembapannya. Ketika kelembapan berkurang, efeknya kulit akan semakin kering. Sedangkan jika kulit kering, kulit akan berkerut, tak kenyal dan menjadi kendur. Tentunya kamu tak ingin terjadi pada dirimu kan? Maka penting untuk mengoleskan pelembab secara teratur pada pagi hari sebelum mengenakan kosmetik dan pada malam hari setelah membersihkan wajah.

4. Sunscreen

Bertambahnya usia membaut kulitmu menjadi lemah, jadi jangan pernah mengabaikan penggunaan sunscreen. Saat kondisi cuaca mendung atau berada di dalam ruangan, kamu tetap wajib menggunakannya. Matahari memancarkan sinar ultraviolet yang memicu penuaan dini dan noda hitam karena paparannya dapat masuk ke jaringan kulit terdalam.

Jika terlalu lama dibiarkan, akan menyebabkan permasalah serius pada kulitmu. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF di atas 30 dan mengoleskannya sebelum keluar rumah.

5. Bedak yang Sesuai Dengan Usia

Memilih bedak yang tepat juga bisa mengurangi risiko penuaan dini di usia 30-an. Pilihlah bedak yang dapat merefleksikan cahaya. Hal ini akan menghindarkanmu dari kerutan wajah yang mulai terlihat. Pilihlah bedak yang ringan. Jangan ragu untuk berulang kali memulaskan bedak ringan. Sebab bedak tebal justru membuat kulitmu lelah. Sebaliknya, bedak ringan dapat membuatmu tetap fresh meski harus menggunakannya berulang kali.

6. Eye Cream

Memasuki usia 30-an, tanda keriput dibagian daerah mata akan lebih terlihat. Terutama saat kamu tertawa, garis pojok mata paling umum terlihat. Namun kamu tetap bisa mengurangi tanda-tanda tersebut dengan mengoleskan serum atau eye cream (krim mata) untuk melembapkan kulit mata. Krim mata dapat digunakan setiap malam sebelum tidur.

7. Pola Hidup Sehat

Pada usia yang 30-an, kulit lebih rentan dan sensitif. Menurunnya hormon estrogen dan progesterone menyebabkan kurangnya kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Elastin dan komponen penting lainnya dalam kulit tak stabil, mengurangi produksi sebum dan membuat kulit menjadi tipis dan kering.

Agar kulit tetap sehat saat usia 30-an, kamu juga harus perbanyak olahraga. Aktivitas fisik akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit. Perbanyak minum air putih dan hindari makanan berminyak serta berlemak.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.