Now Reading:
Kenapa Rambut Bisa Rontok dan Bagaimana Cara Menanggulanginya?
Full Article 2 minutes read

Kenapa Rambut Bisa Rontok dan Bagaimana Cara Menanggulanginya?

kholic.id – Selain kulit wajah, area kulit kepala juga jadi fokus utama bagi produk perawatan. Salah satu masalah yang sering timbul dari efek kerusakan kulit kepala adalah banyaknya rambut yang rontok.

Nyatanya, seperti yang dilansir dari laman The Klog, sebagian besar masalah rambut rontok didapat karena faktor genetik. Jika jumlah rambut yang rontok terasa lebih banyak dibanding biasanya, bisa jadi ini merupakan efek samping dari pola diet yang salah, stres berkepanjangan, atau perubahan hormon karena kehamilan atau menuju menopause.

Selain faktor internal, beberapa faktor eksternal juga bisa membuat rambut menjadi rontok.

Kesalahan dalam pemilihan produk dan cara penataan rambut (hairstyling) bisa jadi faktor utama. Terlalu sering menata rambut dengan cara mengikat terlalu kencang atau sering berganti warna rambut bisa membuat kulit kepala ‘lelah’.

Jika sudah parah, kulit kepala akan mengalami lichen planopilaris, penyakit saraf berupa kulit kepala yang melemah sehingga mengakibatkan rontok permanen. Lalu apa yang harus dilakukan sebagai pencegahan?

Masalah rambut rontok memang butuh penanggulangan yang tidak sebentar. Mulailah dengan cara menjaga pola makan dan diet yang baik.

Konsumsi sayuran dan biji-bijian yang mengandung iron untuk menunjang pertumbuhan rambut sehat dari dalam. Cobalah hindari stres, dan jauhkan rambut dari peralatan styling yang terlalu panas atau bahan kimia. Bersihkan rambut dengan shampo yang mengandung paling sedikit bahan kimia, lalu lakukan perawatan dengan bahan alami.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.