Now Reading:
Produk Skincare Kamu Berjamur? Kenali Penyebab, Efek, dan Cara Mengindarinya
Full Article 2 minutes read

Produk Skincare Kamu Berjamur? Kenali Penyebab, Efek, dan Cara Mengindarinya

kholic.id – Tidak hanya makanan, produk-produk skincare yang kita gunakan juga bisa tumbuh jamur dan bakteri.

Meskipun bentuk dan warnanya tidak sejelas yang muncul pada makanan, jamur dapat masuk dan tumbuh ke produk perawatan kulit favoritmu dan mungkin kamu tidak menyadarinya. Kira-kira apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya.

1. Bagaimana Jamur Bisa Muncul?

Tidak seperti roti, produk skincare-mu tentu memiliki pengawet di dalamnya, membuat formula di produk memiliki masa simpan lebih lama. Namun, produk skincare juga bisa kedaluwarsa.

Meskipun mengandung pengawet, cara penyimpanan produk juga bisa mempengaruhi tanggal kedaluwarsa. Jamur pada dasarnya tumbuh di tempat yang hangat dan lembap, yang berarti jika produk skincare ditinggalkan di tempat yang panas dan lembap akan membuatnya berjamur.

2. Bagaimana Cara Mengetahui Produk Skincare Kita Sudah Rusak?

Karena sebagian produk perawatan kulit menggunakan botol yang tidak tembus cahaya, sulit untuk mengetahui apakah produk itu sudah rusak atau belum. Tanda pertama yang jelas adalah memeriksa tanggal kedaluwarsa yang tertera di produk. Selain itu, jika krim, serum atau pembersih wajamu mulai tercium, terasa, dan terlihat berbeda saat pertama kali pemakaiannya, itu menandakan produk sudah rusak, dan sebaiknya langsung di buang.

3. Apa Efeknya Pada Kulit Wajah?

Seperti bentuk bakteri lainnya, jamur dapat mengiritasi kulitmu dengan sangat buruk – jamur dapat menyebabkan jerawat dan infeksi kulit yang parah.

4. Bagaimana Menghindari Produk Agar Tidak Berjamur?

Penyimpanan adalah kunci dalam merawat produk skincare-mu. Pastikan kamu menyimpan semua produk perawatan kulit favoritmu di tempat yang sejuk, galap, dan kering, agar uap air dan panas dari sinar matahari tidak menembus ke dalam kemasan produk. Kamu juga bisa menyimpannya di kulkas agar tetap segar.

Sumber: Femina.In

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.