Now Reading:
Ini Aturan Memakai Heat Styling Tool Agar Rambutmu Terhindar dari Kerusakan
Full Article 2 minutes read

Ini Aturan Memakai Heat Styling Tool Agar Rambutmu Terhindar dari Kerusakan

kholic.id – Mengeringkan rambut, meluruskan rambut, atau mengiriting kini telah menjadi salah satu kegiatan rutin bagi banyak wanita untuk memiliki tatanan rambut yang sesuai keingin.

Kegiatan-kegiatan menata rambut tersebut tentu tidak terlepas dari penggunakan hair styling tools atau alat styling rambut. Meskipun bisa memudahkan kita menata rambut, styling tools yang melibatkan suhu panas terkadang memiliki resiko mengubah struktur rambut menjadi kurang sehat jika terlalu sering digunakan dan tidak dibarengi dengan produk perawatan rambut yang tepat.

Untuk menjaga rambut tetap sehat meski pakai styling tool, penata rambut Anna Jackson, dari Maxine Salon di Chicago, Amerika, punya 5 aturan yang perlu kamu ikuti, dilansir dari iyaa.com.

1. Jangan gunakan tiap hari

Gunakan heat styling tool hanya jika diperlukan saja. Panas dari alat tersebut membuat rambut jadi kering dan bercabang jika dipakai berlebihan. Blow rambut sebanyak 3-5 kali seminggu, sementara flat/curling iron cukup gunakan 1-2 kali seminggu.

2. Pilih ukuran alat yang tepat

Ukuran alat akan bergantung pada seberapa tebal rambut. Jika rambut sangat halus, flat iron dengan ukuran 1 inchi sudah cukup. Jika rambut panjang dan tebal, pakai yang ukuran 1,5 inchi. Untuk curling iron, standarnya 1 inchi – 1 1/4 inchi.

Aturan ini lebih ke cara styling daripada menjaga rambut tetap sehat. Meski begitu buat yang suka catokan atau mengeriting, aturan ini sangat berguna agar proses styling lebih cepat. Rambut juga jadi tak terlalu lama terpapar alat panas.

3. Tak perlu mengeriting poni

Selain itu agar tak terlalu lama memakai alat panas atau curling iron, sebaiknya poni tak perlu ikut dikeriting juga.

4. Pilih alat yang professional grade

Entah itu curling iron, flat iron, atau hair dryer, pilihlah produk yang professional grade. Pilih juga yang berplat ceramic atau tourmaline karena lebih aman. Alat yang professional grade lebih cepat panas dan panasnya stabil, jadi tak perlu berlama-lama memakai heat styling tool.

5. Selalu pakai heat protectant

Lindungi rambut setiap kali memakai heat styling tool. Sebab seperti disebutkan sebelumnya, panas dari alat tak baik buat rambut.

Hindari juga menempatkan rambut terlalu lama di penjepit atau iron terlalu lama, karena rambut bisa terbakar.

Sumber: iyaa.com

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.