Now Reading:
5 Bahan Alami untuk Atasi Gatal Pada Kulit Kepala
Full Article 2 minutes read

5 Bahan Alami untuk Atasi Gatal Pada Kulit Kepala

kholic.id – Saat musim panas, hujan, atau dingin yang menyenangkan, kulit kepala yang gatal bisa menjadi tamu yang super mengganggu dan dapat menghantuimu kapan saja.

Sebenarnya, tidak sulit menyingkirkan kulit kepala yang gatal jika kamu tahu bahan terbaik apa yang bisa digunakan. Berikut ini ada 5 bahan alami yang mudah didapatkan untuk menghilangkan masalah gatal di kepalamu. Namun sebelum itu, pastikan dulu gatal yang menyerang bukan berasal dari kutu atau kondisi medis lainnya, karena itu membutuhkan perawatan khusus.

1. Air Lemon

Jus lemon secara alami antimikroba dan juga memiliki efek anti-inflamasi ketika diaplikasikan ke kulit kepala. Caranya cukup peras satu buah lemon besar, oleskan pada kulit kepala secara merata dengan kapas, dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan sekali atau dua kali seminggu, dan kamu akan merasakan perbedaanya.

2. Minyak Kelapa

Penyebab yang mendasari gatal di kulit kepala sepanjan waktu adalah kekeringan. Minyak kelapa adalah pelembap terbaik untuk kulit kepala. Ambil sedikit minyak kelapa, panaskan, lalu aplikasikan ke kulit kepala sambil memijatnya. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan sampo.

3. Baking Soda

Ambil 2-3 sendok makan baking soda, campurkan dengan air hingga menjadi past. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 10-15 menit. Baking Soda atau soda kue mengandung zat anti-bakteri dan anti-jamur, ditambah lagi bisa membantu menetralisir pH kulit kepalamu.

4. Jus Bawang

Ambil bawang dan buat menjadi jus menggunakan blender. Oleskan pada kulit kepalamu menggunakan cotton ball, dan biarkan selama 20 menit sebelum mencucinya. Jus bawang akan menjaga infeksi kulit kepalamu, dan juga akan mengurangi peradangan.

5. Cuka Apel

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4, kemudian pijat kulit kepala. Asam malat dalam cuka apel adalah antibakteri dan anti-jamur, ditambah juga bertindak sebagai astrigen sehingga bisa mengurangi rasa gatal di kepala.

Sumber: timesofindia

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.