Now Reading:
11 Makanan yang Bisa Buat Wajah Terlihat Awet Muda
Full Article 3 minutes read

11 Makanan yang Bisa Buat Wajah Terlihat Awet Muda

kholic.id – Bertambah tua merupakan bagian dari kehidupan yang tidak bisa dihindari.

Akan tetapi, beberapa tanda fisik seperti kulit yang mulai muncul kerutan, terlihat kusam, hingga terasa kendur dapat diakali dengan beberapa perawatan eksternal (dari luar) dan internal (dari dalam). Untuk perawatan eksternal, krim anti-aging dengan berbagai keunggulan telah banyak beredar di pasaran.

Lalu bagaimana cara melakukan perawatan dari dalam? Beberapa bahan makanan ini bisa jadi jawabannya! Ini dia 11 makanan yang dapat membuat kulit tubuh dan wajah jadi terlihat lebih muda.

1. Minyak Zaitun (Olive Oil). Miliki 73% kandungan monounsaturated fat yang terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit dan memberi kelembutan dari dalam.

2. Teh Hijau (Green Tea). Sangat tinggi antioksidan yang bernama polifenol yang dapat mencegah radikal bebas dan memproduksi kolagen, protein utama dalam tubuh yang mampu memperbaiki sel kulit dari kerusakan.

3. Daging Ikan yang Berlemak. Lemak Omega 3 yang terkandung dalam daging ikan sangat baik untuk membantu kulit terhindar dari inflamasi (rasa panas terbakar) saat terkena paparan sinar matahari.

4. Bubuk Cokelat/Dark Chocolate. Miliki kandungan flavanol, antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, membantu aliran darah lebih lancar sehingga kulit lebih sehat dan halus.

5. Sayuran. Tiga zat terbesar yang hampir ada di semua jenis sayuran adalah antioksidan, beta karoten, dan vitamin C. Antioksidan mampu lindungi kulit dari radikal bebas, beta karoten mampu lindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB, sementara vitamin C dapat membantu produksi kolagen dari dalam.

6. Flaxseed. Kandungan asam lemak di dalam biji-bijian flaxseed dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menghaluskan kulit, serta meningkatkan kulaitas kesehatan kulit.

7. Delima (Pomegranate). Sangat kaya antioksidan yang dpaat melindungi kulit dari sinar matahari serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

8. Alpukat. Mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tak hanya itu, buah ini juga mampu melindungi dan memperbaiki DNA dalam sel kulit.

9. Tomat. Sangat tinggi kandungan lycopene, zat karotenoid yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Zat ini juga mampu mengurangi kerutan halus yang ada di wajah.

10. Rempah-Rempah. Tumbuhan rempah yang miliki aroma kuat seperti kayu manis, cengkeh, hingga jahe dan cabai merah terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen dari dalam tubuh. Hasilnya, regenerasi sel jadi lebih baik dan kulit akan jauh lebih muda.

11. Kaldu Rebusan Tulang/Sum-Sum. Kolagen dan gelatin yang dihasilkan dari rebusan tulang mampu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya seperti kulit kusam dan kendur.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.