Now Reading:
5 Tips Manjur Hilangkan Kerutan di Dahi
Full Article 2 minutes read

5 Tips Manjur Hilangkan Kerutan di Dahi

kholic.id – Membicarakan masalah penuaan dini memang tidak ada habisnya, apalagi soal kerutan yang muncul di area wajah terutama dahi.

Kerutan di area dahi biasanya muncul karena gaya hidup yang kurang teratur. Awalnya terasa wajar dan biasa saja, tapi jika aktivitas tersebut dilakukan terus menerus tanda penuaan akan muncul secara berkala.

Lalu apa yang harus dilakukan agar kerutan di dahi tidak cepat muncul? Ini dia 5 tips mudah yang bisa diikuti.

1. Jangan Terlalu Lama Berada di Bawah Terik Matahari

Paparan sinar matahari terutama sinar UV dapat menimbulkan kerutan halus dan juga menuaan dini. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi untuk memperlambat proses penuaan di kulit, termasuk kerutan yang muncul di dahi.

2. Jauhkan Diri dari Stres

Banyak pikiran atau miliki rasa khawatir berlebih bisa memunculkan kerutan di dahi. Untuk menyingkirkan stres memang sulit, tetapi kita bisa mengontrolnya dengan cara meditasi, melakukan yoga, melatih pernapasan diafragma, menghirup aromaterapi, emmakan makanan sehat, tidur yang cukup, berbicara pada psikolog, menulis jurnal, hingga melakukan olah raga ringan setiap hari.

3. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab munculnya kerutan adalah kulit kering dan kurang hidrasi. Selain menggunakan skincare dengan kandungan hidrasi tinggi, sangat dianjurkan pula untuk menjaga kesegaran dari dalam dengan cara minum air putih.

Konsumsilah air putih paling sedikit 8 gelas setiap hari. Jika merasa jenuh, air bisa didinginkan dan diberikan teknik infuse dengan diberi irisan buah lemon, timun, atau stroberi.

4. Jaga Pola Makan dan Diet Sehat

Istilah ‘you are what you eat’ memang benar adanya. Jika kita menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, segar, dan tinggi vitamin, maka kerutan dan tanda penuaan lain akan dapat dihindarkan.

Mulailah kurangi karbohidrat, lemak, hidangan yang digoreng dan dibakar. Ganti dengan hidangan yang lebih sederhana dan singkat pengolahannya agar vitamin tetap terjaga.

5. Berhenti Merokok!

Kebiasaan merokok tidak hanya menimbulkan penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung tapi juga hal ‘remeh’ seperti penuaan dini dan keriput.

Bahan racun yang terdapat dalam tembakau yang dibakar akan mengurangi kolagen dalam darah sehingga kulit jadi terlihat lebih tua, kusam, dan kehilangan elastisitas.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.