Now Reading:
5 Tips Sederhana Agar Foundation Tahan Lama dan Anti Cakey
Full Article 3 minutes read

5 Tips Sederhana Agar Foundation Tahan Lama dan Anti Cakey

kholic.id – Pernah mendengar istilah wajah yang cakey? Cakey foundation atau cake face adalah kondisi foundation, concealer atau bedak yang tidak menempel dengan sempurna sehingga terlihat makeup terpisah dari kulit atau mulai pecah seperti tepung yang terkena air.

Cakey foundation biasanya terjadi karena mengaplikasikan makeup terlalu tebal tanpa mempersiapkan kulit wajah dengan baik, atau tidak membaurkan foundation dengan benar. Untuk menghindarnya, berikut ada 5 tips sederhana namun efektif agar foundationmu tidak terlihat cakey saat tengah hari atau ketika wajahmu mulai berminyak.

1. Aplikasikan Pelembap

Gunakan pelembap dengan jumlah dua kali lebih banyak dari biasanya saat kamu ingin menggunakan foundation. Pakai spons atau jari tangan dan tepuk lembut pelembap agar lebih menyerap ke kulitmu. Mengenakan pelembap sebelum foundation akan memberikan dasar yang baik untuk riasanmu.

2. Aplikasikan Face Primer

Selanjutnya, gunakan face primer yang sesuai dengan jenis kulitmu dan aplikasikan ke seluruh wajah. Atau kamu juga bisa menggunakan setting spray setelah selesai menerapkan riasan. Biarkan selama dua menit atau sampai kering agar benar-benar terserap oleh kulit.

3. Jangan Gunakan Jari

Mengaplikasikan foundation dengan jari tangan akan mendapatkan hasil yang kurang merata. Sebaiknya gunakan beauty blender, spons, atau brush khusus foundation, karena aplikator tersebut dapat membuat warna foundation tersebar merata dan hasilnya lebih halus. Saat menggunakan beauty blender, pastikan gerakannya seperti menepuk-nepuk, bukan mengusap atau menyeretnya.

4. Blending Foundation dengan Tepat

Mengapa para penata rias dapat membuat hasil riasan foundation terlihat sangat sempurna dan anti cakey? Itu karena mereka memblending nya dengan benar. Blending foundationmu sekitar 2 menit dimulai dari area garis halus rambut lalu ke hidung dan terakhir arah telinga agar menciptakan hasil yang merata.

Jangan menggunakan terlalu banyak tekanan, cukup tepuk lembut dengan menggunakan brush atau beauty blender. Kemudian ambil satu lapis tisu dan bungkus di sekitar spons atau blender dan gunakan gerakan menekan lembut untuk mengangkat kelebihan foundation. Cara ini dapat membantu foundation cepat kering dan membuatnya anti cakey sepanjang hari.

5. Gunakan Bedak

Mengaplikasikan bedak merupakan salah satu tahap penting dalam bermake-up, karena bedak dapat membantu mengunci hasil foundation dan membuatnya tahan lebih lama. Sapukan sedikit bedak ke seluruh riasan foundationmu dengan brush. Kamu tidak perlu menggunakan banyak bedak, cukup aplikasikan sedikit di zona yang cenderung menjadi mengkilap atau berminyak.

Tapi kamu jangan salah menggunakan bedak, usahakan menghindari penggunaaa bedak mengandung foundation seperti powder foundation atau two way-cake yang nantinya akan membuat permukaan wajah semakin tebal. Gunakan bedak seperti finishing powder, setting powder, atau translucent powder yang mampu mengunci foundation agar tahan lama dan tidak mengubah warnanya.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.