Now Reading:
Minyak Zaitun Bisa Cerahkan Kulit, Fakta atau Hanya Mitos?
Full Article 2 minutes read

Minyak Zaitun Bisa Cerahkan Kulit, Fakta atau Hanya Mitos?

kholic.idMinyak zaitun atau olive oil dipercaya banyak orang mampu memberikan manfaat ekstra bagi kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk mencerahkan. Namun, apakah benar minyak zaitun bisa mencerahkan kulit?

Nyatanya, seperti yang dilansir dari laman Healthine, jika kita mengoleskan minyak zaitun ke permukaan kulit maka 20 persen sinar ultraviolet (UV) akan terhalang. Hal ini terjadi karena minyak zaitun dapat membantu kulit memproduksi protein yang menjadi ‘tameng’ bagi jahatnya sinar UV.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga mengandung lemak yang disebut squalene dan antioksidan. Dua zat ini membantu menguatkan sel kulit serta menghentikan pengaruh buruk yang ditimbulkan dari radikal bebas dan kuman.

Kesimpulannya, minyak zaitun hanya memiliki sedikit efek mencerahkan kulit jika dibandingkan dengan zat pemutih alami atau pembersih wajah lain seperti arbutin, ekstrak licorice, atau retinol.

Minyak zaitun tidak dapat mengurangi produksi melanin (zat ‘penggelap’ warna kulit) atau meningkatkan produksi sel kulit melalui eksfoliasi. Sebaliknya, minyak zaitun hanya mampu mencegah beberapa masalah yang dapat meningkatkan pigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari.

Kabar baiknya? Minyak zaitun miliki zat antioksidan unik yang dapat mengurangi radang kemerahan pada wajah serta menyamarkan kerutan halus.

Jadi, jika Chingudeul membeli produk skincare berbahan dasar minyak zaitun yang dipasarkan sebagai produk pencerah wajah, jangan heran jika kulit kalian tidak menjadi putih bersih, ya!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.