Now Reading:
6 Tips Alami untuk Mencegah Kerontokan Rambut
Full Article 3 minutes read

6 Tips Alami untuk Mencegah Kerontokan Rambut

kholic.id – Rambut rontok adalah masalah bagi semua orang, khususnya perempuan. Terutama jika kerontokan yang dialami sudah terhitung parah atau sudah berlebihan, sehingga akan sangat mengganggu.

Biasanya kerontokan rambut dialami karena berbagai faktor, seperti kurang asupan protein akibat diet, perubahan hormonal, trauma emosional, atau kondisi medis tertentu lainnya. Cara mengatasi rambut rontok sebaiknya dilakukan sesegera mungkin demi mencegah makin banyaknya rambut yang rontok. Berikut beberapa tips alami untuk mengatasi rambut rontok.

1. Pijatan Minyak Hangat

Panaskan sedikit minyak (sebaiknya minyak kelapa atau minyak almond), tunggu hingga suhunya seperti suam-suam kuku lalu pijat perlahan kulit kepalamu menggunakan ujung jari. Cara ini dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, meningkatkan kekuatan akar rambut dan kondisi kulit kepalamu.

2. Jus Bawang

Karena kandungan sulfurnya yang tinggi, jus bawang membantu mengobati kerontokan rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, menghidupkan kembali folikel rambut dan mengurangi peradangan. Kehadiran sifat anti-bakteri dalam jus bawang membantu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

3. Jus Beetroot

Ini adalah salah satu contoh pepatah ‘Solusi untuk hampir semua masalah terkait tubuh dapat ditemukan di dapur’. Beetroot (buah Bit) membantumu untuk melengkapi kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut rontok. Masukkan jus buah bit dalam dietmu untuk melawan kerontokan rambut.

4. Teh Hijau

Teh hijau dapat merevitalisasi folikel rambut dan menstimulasi produksi rambut. Ini juga meningkatkan metabolisme yang akhirnya mengarah ke peningkatan laju pertumbuhan rambut. Cukup lembapkan rambutmu dengan larutan teh hijau dan perhatikan perubahannya!

5. Indian Gooseberry (Amla)

Apa yang lebih baik untuk mengobati masalah terkait rambut daripada Amla? Salah satu alasan utama masalah rambut rontok adalah kekurangan Vitamin C dan Amla menjadi sumber yang kaya akan vitamin C. Buah ini kaya akan antioksidan dan sifat antibakteri yang mencegah peradangan kulit kepala dan ketombe. Amla, menjaga kulit kepala tetap bersih dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan ke akar rambut sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih bersinar.

6. Daun Neem

Neem, yang dikenal karena khasiatnya sebagai obat adalah ramuan yang efektif untuk mengobati kerontokan rambut. Karena sifat antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi, neem adalah cara terbaik untuk mengurangi ketombe. Tanaman ini membantu folikel rambut menjadi lebih kuat dan juga mendorong pertumbuhan rambut.

Kamu juga dapat mencoba sebuah DIY dari daun Neem. Caranya hancurkan dan rebus daun neem untuk dijadikan pasta dan menerapkannya ke kulit kepalamu setelah keramas. Cuci setelah 30 menit. Ulangi proses ini dua kali dalam seminggu dan perhatikan perubahannya!

Sumber: timesofindia

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.