Now Reading:
10 Manfaat Spa Uap Hangat untuk Kecantikan dan Kesehatan Wajah
Full Article 3 minutes read

10 Manfaat Spa Uap Hangat untuk Kecantikan dan Kesehatan Wajah

kholic.idUap hangat miliki banyak manfaat bagi kulit, termasuk kecantikan wajah. Tidak harus dilakukan di spa atau salon kecantikan, perawatan ini juga ekonomis karena dapat dilakukan di rumah.

Lalu apa saja manfaat besar dari melakukan teknik spa uap hangat ke wajah? Berikut 10 di antaranya.

1. Membersihkan secara Mendalam

Uap hangat membuka pori dan membantu melepaskan kotoran secara menyeluruh. Pori yang terbuka dengan cara ini juga terbukti membuat komedo hitam (blackhead) yang telah mengeras lebih mudah dikeluarkan.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kombinasi uap hangat dan peningkatan produksi keringat membuat pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah jadi lebih baik. Hal ini membuat oksigen tersalurkan sempurna ke seluruh wajah hingga menjadikannya lebih sehat dan glowing.

3. Membuang Bakteri Penyebab Jerawat

Pori wajah yang terbuka karena uap hangat juga membuat sel kulit mati, bakteri, serta segala radikal bebas dan kotoran yang selama ini menyumbat jadi mudah dihilangkan.

4. Melepaskan Sebum yang Tersumbat

Sel sebum yang berisi minyak berfungsi sebagai ‘pelumas’ untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut. Saat sebum tersumbat di antara lapisan kulit, sel ini jadi tempat berkembang bakteri saat wajah kotor hingga mengakibatkan munculnya jerawat dan komedo.

5. Menghidrasi

Uap hangat mampu menghidrasi kulit dengan jauh lebih baik karena membantu meningkatkan produksi minyak alami. Hal ini mebuat wajah mendapatkan kelembapan secara natural.

6. Membantu Kulit Wajah Menyerap Manfaat Skincare dengan Maksimal

Kulit wajah yang lembap setelah melakukan spa uap terbukti jauh lebih mampu menyerap zat dan mineral dari produk skincare.

7. Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Peningkatan aliran darah berkat spa uap membuat produksi kolagen dan elastin ikut meningkat. Hal ini membuat wajah jadi lebih lembut, kenyal saat dipegang, dan terlihat lebih muda.

8. Menenangkan Kulit

Rasa hangat dari uap membuat syaraf wajah jadi rileks. Otot yang menegang jadi lebih tenang sehingga kerut halus di wajah akan memudar.

9. Membantu Menyembuhkan Sinus dan Sakit Kepala

Punya masalah hidung tersumbat karena sinus atau sakit kepala yang tak kunjung sembuh? Uap hangat dapat meredakan masalah tersebut secara berkala. Untuk efek yang lebih baik, tambahkan essential oil seperti eucalyptus atau chamomile.

10. Terjangkau dan Dapat Dilakukan di Rumah

Dari sekian banyak teknik perawatan wajah, spa dengan uap air hangat terhitung paling ekonomis karena dapat dilakukan di rumah. Untuk cara terbaik, intip langkah-langkah berikut.

Satu yang harus diingat, proses perawatan wajah dengan uap hangat sebaiknya dilakukan sekitar 1 atau 2 minggu sekali tergantung kebutuhan. Apa sebabnya? Karena wajah yang terlalu bersih juga bisa berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.