Now Reading:
Fakta ‘ACE’, ‘BASE’, ‘FACE’, ‘VOICE’, Album Solo yang Menjadi Bukti Kekompakan Member SHINee
Full Article 4 minutes read

Fakta ‘ACE’, ‘BASE’, ‘FACE’, ‘VOICE’, Album Solo yang Menjadi Bukti Kekompakan Member SHINee

kholic.idSHINee sudah mengenyam industri musik Korea lebih dari 1 dekade. Satu persatu para anggota menenatang diri agar berkarir sebagai solois.

Meski mereka bekerja sendiri, 4 member yang debut solo menunjukan kekompakan grup dengan membuat tema album pertama berakhiran ‘ce/se’. Selain itu, design dan dan font pesan yang tercantum di album mereka pun sama. Kira-kira kelebihan apa lagi yang disuguhkan?

1. Taemin – ‘ACE’

Foto: SM Ent

Meski berstatus maknae (anggota termuda – red), Lee Taemin atau biasa disebut Taemin mendapat kesempatan pertama untuk merilis mini solo album pertama. Bertajuk ‘ACE’, album tersebut mulai bisa dinikmati pada 18 Agustus 2014.

Single promosi ‘ACE’ ialah ‘Danger‘ yang video musiknya telah dirilis terlebih dahulu 3 hari sebelum album keluar. Lagu tersebut meraih posisi 3 di Gaon Weekly Digital Chart.

Selain lagu tersebut, ada pula ‘Ace‘, ‘Experience‘, ‘Pretty Boy’, ‘Wicked‘, dan ‘Play Me‘. Berkat keenam lagu tersebut, album solo pertama Taemin ini masuk sebagai 2 teratas Billboard World Albums Chart.

Ada mimpi dan tujuan dalam pikiranku sejak bermimpi menjadi seorang seniman. Mesku aku harus melalui banyak rintangan, aku menyadari bahwa aku harus percaya diri sendiri. Keimanan yang kuat telah menjadi energi motivasi yang membuatku terus maju. Usaha untuk bermimpi telah membuatku menjadi seperti diriku hari ini, aku akan terus berjuang demi mencapai tujuan yang lebih tinggi dengan keimanan.” – Taemin ‘ACE’

2. Jonghyun – ‘BASE’

Foto: SM Ent

Jonghyun menjadi member kedua SHINee yang merilis mini album solo. Album yang diberi nama ‘BASE’ ini dirilis pada 12 Januari 2015, dengan lagu utama berjudul ‘Crazy‘ atau ‘Guilty Pleasure‘ bersama Iron sebagai rapper.

Uniknya, video musik ‘Crazy’ diunggah di situs resmi SM Town pada 8 Januari 2018. Sehari sebelumnya, ‘Déjà-Boo‘ yang juga di ciptakan dan dinyanyikan bersama Zion.T, sudah dirilis terlebih dahulu.

Selain dua lagu tersebut, Jonghyun menuliskan seluruh lirik yang masuk dalam album ini. Termasuk ‘Hallelujah‘, ‘Love Belt‘, ‘NEON‘, ‘MONO-Drama‘, serta bonus track ‘Beautiful Tonight‘. Lagu-lagu tersebut banyak disukai oleh penggemar, bahkan selama tahun 2015 telah terjual 74 ribu keping hanya di Korea Selatan saja.

Sama seperti bekas luka di tubuhku adalah bagian dari pertumbuhan dari rasa sakit, kami akan bergerak tanpa henti sambil menahan sakit, di bawah kepercayaa adanya kemajuank dan pertumbuhan dunia ini. Karena rasa sakit menciptakan ruang, terima kasih atas ‘bekas’yang membuatku maju. Seperti biasa, aku membutuhkanmu,” – Jonghyun ‘BASE’

3. Key – ‘FACE’

Foto: SM Ent

Lain dengan 2 member sebelumnya, Key langsung mempersembahkan full album yang diberi nama ‘FACE’. Bagi pria bernama asli Kim Ki Bum ini, debut solo merupakan hal yang baru namun sudah diimpikan sejak dulu.

Album ‘FACE’ terdiri dari 10 lagu, diantaranya adalah ‘One of Those Nights‘, ‘Good Good‘, ‘Honest‘, ‘Forever Yours‘, ‘Imagine‘, ‘Chemicals‘, ‘I Will Fight‘, ‘Easy To Love‘, ‘The Duty of Love‘ dan ‘This Life‘.

Selain itu, ada juga video musik untuk lagu ‘One of Those Nights’ yang dirilis pada 26 November 2018, tanggal yang sama dengan perilisan album. ‘One of Those Nights’ merupakan lagu bergenre R&B yang bercerita tentang seseorang yang baru berpisah dengan kekasihnya.

Ini tidak mengalahkan batasan ketidakmungkinan atau mendorong album ini sebagai jaminana dari kemampuanku dan ini akan terus berlanjut. Semua aksiku adalah kejujuran dariku dan semuanya bagimu,” Key ‘FACE’

4. Onew – ‘VOICE’

Foto: SM Ent

Dalam rangka ingin memberikan persembahan terakhir sebelum masuk wajib militer pada 10 Desember, Onew akan merilis mini album solo bertajuk ‘VOICE’. Rencananya ia akan mengungkapkannya pada 5 Desember jam 18:00 KST

Mini album ‘VOICE’ rencannya diisi dengan 7 lagu yang mewakilkan warna suara Onew yang hangat. Track utama berjudul ‘Blue‘, yang merupakan sebuah lagu R&B dengan sentuhan old-pop, dan jazz.

“Bernyanyi membawakanku kebahagiaan yang besar. Aku berusaha untuk bernyanyi dengan harapan suara itu bisa membawa kesembuhan bagi orang-orang yang mendengarkannya. Dengan suaraku sendiri. Bersama laguku. Demi kebahagiaan semua orang,” Onew ‘VOICE’

NB: 5. Minho – ‘RACE’

Foto: Twitter jinjoon1422

Banyak penggemar berharap jika Minho pun akan mengikuti jejak keempat member SHINee. SHINee World (sebutan penggemar SHINee) memperkirakan kalau nanti dirilis album tersebut akan diberi judul ‘RACE’.

Nama tersebut diambil sebagai cerminan Minho yang memiliki sifat kompetitif dan tidak ingin dari lawan. Terlebih ketika ia sedang berlali, ia akan terus berusaha yang terbaik demi menjadi meraih peringkat teratas.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.