Now Reading:
Segera Hentikan 5 Kebiasaan Sepele Ini Sebelum Wajah Rusak
Full Article 3 minutes read

Segera Hentikan 5 Kebiasaan Sepele Ini Sebelum Wajah Rusak

kholic.id – Banyak wanita mengidam-idamkan kulit sempurna, bebas noda dan seimbang. Namun kesempurnaan tersebut tidak mungkin terwujud jika kamu tetap melakukan 5 kebiasaan sepele yang berdampak buruk ini!

1. Menggarukan kuku pada kulit

Foto: Elements Behavioral Health

“Jika aku bisa ‘menyadarkan’ kuku dan membuat satu kebiasan buruk kulitku hilang, itu pasti menggaruk,” ujar Dr. Kenneth Howe, dokter kulit bersertifikat Wexler Dermatology di New York. Ini disebabkan karena tangan melakukannya tanpa sadar, bahkan terkadang ketika tidur. Sayangnya, ini menjadi penyebab infeksi kecil dan maupun besar, penyebaran jerawat, penyembuhan berkepanjangan, dan dalam beberapa kasus ini merupkan kesalahan fatal.

Salah satu cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan mengurangi bercermin dan menganalisa kulitmu! Penting juga untuk memaksakan diri agar menyibukan dengan hal yang lebih produktif.

2. Terlalu mengandalkan SPF yang terkandung di makeup

Foto: expatliving.sg

Meskipun SPF terkandung dalam primer, foundation, dan kosmetik lainnya, namun penting untuk dipahami jika itu tidak akan cukup memberikanmu perlindungan. “Studi menunjukan bahwa penggunaan tabir surya yang terkandung dalam kosmetik tidak menyeluruh dan kurang memberikan perlindungan ketimbang sunscreen terpisah.” kata Dr. Audrey Kunin, dokter bersertifikat sekaligus pendiri Derma Doctor.

3. Mandi dengan air yang panas

Foto: Akhayar

Terkadang kita berpikir jika mandi dengan air panas atau terlalu hangat mampu membuat pikiran releks, sayang, hal tersebut malah menimbulkan masalah baru. “Mandi air panas akan membuat kulit kering bahkan lebih buruk karena air panas dan uap bisa mengupas kulit dari minyak alami,” tutur Dr. Debra Jaliman, ahli kulit asal New York.

“Saat kulit kering, kelembaban telah berusaha semaksimal mungkin dan kulit menjadi pecah (karena terlalu panas),” tambahnya. Kulit pecah-pecah membuat kita tidak nyaman bahkan terkadang terasa sakit.

Jika sudah kering, segera ganti kebiasaanmu dengan air dingin dan oleskan pelembab di area yang kulit kering.

4. Kulit berminyak tidak berarti melembabkan

Foto: Kitchen Panacea

Menggunakan krim dan lotion pada kulit kering adalah hal yang tidak usah diragukan lagi, namun jika mereka yang memiliki kulit berminyak sering melewatkan langkah penting ini. Mereka menganggap kulit tidak membutuhkan lebih banyak kelembaban.

Pola pikir tersebut malah memperburuk masalah dan bisa meyebabkan produksi minyak berlebihan, bahkan hingga jerawat semakin banyak. Maka dari itu, pilihlah produk yang bisa menyeimbangkan kulit dan melawat jerawat sekaligus melembabkan.

5. Tidak cuci muka sebelum tidur

Foto: ijustsaidyes.com

“Setiap malam, di seluruh [dunia], wanita muda mudah tidur dengan wajah penuh primer, foundation, dan concelar yang masih menempel di wajah mereka,” ungkap Dr. Howe. “Ini berujung pada lingkaran setan, mengarahkan jerawat yang melebar lalu penggunaan makeup yang akan lebih berat.”

Sayangnya, selain memyumbat pori-pori dan meyebabkan jerawat, tidur dengan makep membuat kulit kusam dan tentu saja tidur kurang nyaman. Meski lelah, setidaknya kamu harus menyayangi wajahmu juga. Sediakan waktu beberapa menit untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

Sumber: The Klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.