Now Reading:
Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah
Full Article 2 minutes read

Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

kholic.id – Banyak orang yang mengesampingkan waktu tidur karena padatnya aktivitas. Jika diteruskan, kebiasaan ini tidak hanya berakibat buruk pada kesehatan tapi juga penampilan fisik.

Saat tidur, tubuh mengalami perbaikan dan pelepasan racun lewat sistem metabolisme. Tak hanya itu, aliran darah di area kulit juga meningkat. Organ tubuh dapat memproduksi kolagen sehingga mampu memperbaiki berbagai sel yang rusak akibat sinar UV dan radikal bebas.

Foto: ist/tvN drama

Lalu bagaimana jika seseorang kurang tidur? Secara fisik, kurang tidur dapat memberikan efek buruk bagi penampilan terutama kecantikan wajah sebagai berikut:

1. Kelopak mata ‘menggantung’ karena lemasnya otot mata. Hasilnya mata jadi terlihat terus mengantuk karena kelopak terasa ‘berat’.

2. Mata bengkak dan sembab. Kurang tidur membuat aliran darah di area kelopak juga berkurang. Akibatnya, sel darah putih meningkat dan membuat kelopak mata menjadi terlihat sembab dan bengkak.

3. Lingkaran hitam di kantung mata. Kurang istirahat membuat darah hanya berkumpul di area bawah (kantung) mata. Hal ini membuat kantung mata terlihat lebih gelap dan mengganggu penampilan bahkan bisa mengancam kesehatan.

4. Kulit Pucat. Kurangnya aliran darah karena tubuh kurang istirahat juga membuat wajah lebih pucat. Hal ini disebabkan karena tekanan darah menurun, mmebuat darah tidak memompa maksimal ke area wajah dan otak.

5. Timbul lebih banyak kerutan dan garis halus. Saat tidur, otot dan saraf wajah dibuat rileks. Jika kurang tidur, otot wajah jadi terus dipaksa untuk bekerja sehingga membuat kulit kendur, timbul keriput, dan garis halus terutama di area sekitar mata.

6. Ujung kanan dan kiri bibir jadi turun. Efek samping dari kurang tidur adalah kondisi tubuh yang menjadi lebih mudah lelah. Aliran darah di wajah juga berkurang sehingga kulit jadi kendur dan terlihat kuyu. Selain area sekitar bibir, bagian kulit pipi juga akan lebih kendur.

Satu yang harus diingat, tidur teratur sangat dibutuhkan semua manusia karena daat membuat kualitas hidup lebih baik.

Soal kecantikan kulit wajah, itu adalah bonus yang didapat jika kita hidup dengan teratur. Mulailah tidur cukup agar tubuh sehat, wajah juga cerah berseri!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.