Now Reading:
Cara Kurangi Ketergantungan Gula agar Wajah Bebas Jerawat dan Breakout
Full Article 2 minutes read

Cara Kurangi Ketergantungan Gula agar Wajah Bebas Jerawat dan Breakout

kholic.id – Kebiasaan mengonsumsi makanan dan camilan manis terkadang sulit untuk dihindari. Meski rasanya enak, nyatanya makanan manis dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Sudah jadi rahasia umum, kelebihan konsumsi gula berbanding lurus dengan timbulnya banyak jerawat/breakout. Makanan manis yang tinggi gula dapat meningkatkan kadar insulin dan indeks glikemik tubuh. Akibatnya, produksi minyak dan inflamasi semakin meningkat sehingga peradangan kulit semakin sulit diobati.

Lalu bagaimana cara mengatasi ketergantungan gula agar wajah kembali sehat, jauh dari peradangan jerawat, dan awet muda? Ini dia tips yang bisa dicoba.

1. Ganti soda, minuman berenergi, jus kemasan, dan teh langsung minum dengan air putih atau air berkarbonasi.

2. Mulailah minum kopi tanpa gula. Jika belum sanggup, ganti gula dalam kopi dengan pemanis alami seperti stevia.

3. Konsumsi yoghurt plain yang telah dipermanis dengan tambahan buah segar yang dipotong sendiri, alih-alih membeli yoghurt dengan tambahan rasa/warna/aroma buah-buahan.

4. Ganti minuman buah smoothies yang tinggi gula dengan langsung mengonsumsi buah-buahan segar.

5. Ganti kebiasaan menikmati permen dengan camilan sehat (trail mix) yang dibuat dari campuran buah kering, kacang-kacangan, dan cokelat pahit (dark chocolate).

6. Gunakan campuran minyak zaitun (olive oil) dan cuka (vinegar) atau air lemon sebagai pengganti salad dressing seperti honey mustard atau mayonaise.

7. Saat berbelanja, pilihlah selai buah, selai kacang, saus tomat, hingga saus olahan untuk pasta yang dalam kemasannya tertulis ‘tanpa tambahan gula’.

8. Mulai selektif saat berbelanja sereal untuk sarapan pagi. Pilihlah yang miliki kandungan gula kurang dari 4 gram per satu kali saji.

Foto: ist

9. Secara perlahan, ganti kebiasaan sarapan sereal dengan menu yang lebih sehat dan bebas gula seperti semangkuk oats dengan buah segar atau telur dadar yang diberi banyak sayuran hijau.

10. Suka memakan roti dengan selai kacang dan jeli? Ganti dengan mencampurkan selai kacang tanpa pemanis tambahan dan sebuah pisang.

11. Pakailah selai kacang dengan rasa natural sebagai pengganti selai kacang yang penuh pemanis dan tinggi gula.

Satu yang harus diingat, mulailah lakukan kebiasaan makan makanan sehat secara bertahap agar tubuh yang sudah terbiasa mendapat asupan gula berlebih tidak ‘kaget’. Jangan lupa lakukan perawatan kulit wajah dengan cara lakukan double cleansing serta perawatan ekstra pada bagian yang berjerawat.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.