Now Reading:
Ingin Lawan Efek Buruk Sinar Matahari, Pastikan 5 Bahan ini Ada dalam Skincare
Full Article 2 minutes read

Ingin Lawan Efek Buruk Sinar Matahari, Pastikan 5 Bahan ini Ada dalam Skincare

kholic.id – Istilah ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’ harus diterapkan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan, terutama kesehatan kulit dari efek buruk sinar matahari.

Dari beberapa tanda kerusakan kulit akibat sinar matahari, penuaan dini jadi salah satu akibat yang banyak dirasakan. Munculnya garis halus, kerutan, tekstur kulit wajah yang kasar alias beruntusan, sampai timbulnya bintik hitam (hiperpigmentasi) jadi beberapa tandanya.

Lalu bagaimana cara menghindari efek buruk tersebut? Pakailah krim pelindung sinar matahari alias SPF atau sunscreen yang mengandung bahan-bahan ini!

1. Niacinamide, karena mampu mengecilkan bintik hitam lalu memudarkannya.

Niacinamide bekerja sebagai penghalang pigmen agar tidak menyebar ke lapisan kulit lebih dalam. Tak hanya itu, produksi pigmen juga dapat menurun selama dipakai secara teratur. Selain dalam krim SPF, niacinamide juga terdapat dalam serum dan krim moisturizer (pelembap).

2. Azelaic acid, karena dapat memudarkan dan mencerahkan bekas jerawat seperti bintik hitam dan kemerahan.

Zat yang sudah terdaftar dalam FDA (BPOM di Amerika) ini mampu memperlambat produksi melanin dalam wajah. Miliki kandungan antioksidan, azelaic acid tidak menyebabkan efek iritasi seperti zat acid lainnya.

3. Retinol dan Retinoid, karena dapat memudarkan hiperpigmentasi dengan cara meningkatkan pertumbuhan sel kulit teratas (epidermis) secara cepat.

Dua zat derivasi dari vitamin A ini telah lama dikenal sebaagi ‘ahli’ perbaikan kulit dan dipakai sebagai bahan utama produk anti aging. Selain mampu memerangi jerawat dan pori tersumbat, retinol dan retinoid dapat memudarkan garis halus, pigmentasi yang tidak diinginkan, dan meningkatkan tekstur kulit.

4. Vitamin C, karena dapat memperbaiki kerusakan sel dan kulit secara menyeluruh.

Kegunaan utama dari vitamin C adalah menetralkan kondisi kulit dari paparan radikal bebas. Hasilnya, wajah jadi lebih kenyal karena produksi kolagen meningkat. Tak hanya itu, peningkatan produksi protein sebagai ‘perekat’ jaringan tisu di kulit juga semakin baik sehingga tekstur wajah semakin rata dan terasa halus saat diraba.

5. Alpha Hydroxyl Acids (AHA), karena dapat mencerahkan kulit dan memperbaiki tekstur saat tubuh beristirahat.

Sifatnya sebagai ekfoliator alami membuat AHA dapat memperbaiki tektur kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. AHA direkomendasikan dipakai pada malam hari saat wajah telah dibersihkan.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.