Now Reading:
8 Cara Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung
Full Article 3 minutes read

8 Cara Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

kholic.id – Jerawat bisa muncul di mana saja pada tubuh kita sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut, termasuk di punggung.

Jerawat di punggung biasanya disebut juga back acne (bacne). Sama seperti jerawat di wajah, bacne juga bisa mengganggu. Mengatasinya pun akan lebih sulit dibandingkan mengatasi jerawat di wajah, oleh karena mari kita mencegahnya sebelum terlambat dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Mengatasi Keringat di Punggung

Semua orang sudah pasti akan berkeringat terutama di area punggung, dan keringat yang mengumpul dapat menyumbat pori-pori di punggungmu yang dapat menyebabkan jerawat. Solusinya sangat sederhana, kenakan pakaian yang berserat halus atau yang mudah menyerap keringat.

2. Mencuci Pakaian

Menganakan pakaian bersih adalah kunci untuk mencegah jerawat kembali. Pastikan kamu mencuci pakaian setelah memakainya, terutama baju yang kamu kenanakan untuk berolahraga. Selain itu, berhati-hatilah dengan kain yang menyentuh punggungmu setiap hari (seperti bed cover, handuk, semua jenis linen) dan cuci setidaknya sekali seminggu. Hal itu akan membuat punggungmu terbebas dari bakteri penyebab jerawat.

3. Pastikan Langsung Mandi Setelah Berkeringat

Dr. Murad, pendiri Murad Skincare, mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu ia menyarankan agar langsung mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

4. Lakukan Eksfoliasi Pada Punggungmu

Lakukan eksfoliasi dengan scrub pada punggungmu setidaknya sekali seminggu. Kamu bisa melakukannya di salon khusus atau meminta bantuan orang terdekatmu. Setelah ekfoliasi, oleskan pelembab yang menenangkan agar terhindar dari iritasi.

5. Mengoleskan Pelembap Setelah Mandi

Kulit punggung mungkin tidak sekering yang ada di wajah atau leher, tetapi masih tetap membutuhkan kelembapan. Pilihlah pelembap berbasis gel atau jika punggungmu sering terpapar sinar matahari, pastikan menggunakan tabir surya yang melembapkan.

6. Jaga Kebersihan Rambut

Kelebihan minyak dan lemak di rambutmu dapa menetes ke punggung dna menyebabkan jerawat kembali. Jadi, jagalah kebersihan rambutmu terutama bagi kamu yang memiliki rambut panjang. Selain itu, ikat rambut sebelum berolahraga untuk menghindari keringat menetes ke punggung.

7. Pilih Produk Body Wash yang Tepat

Jerawat di punggung memerlukan bantuan khusus saat mandi. Pilihlah body wash atau shower gel yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk masalah jerawat ringan.
Gunakan setiap hari, namun jangan digosok terlalu kencang, karena akan mengakibatkan jerawat memburuk.

8. Bersihkan Kulit Punggung dengan Lembut

Menggosok kulit dengan keras saat memiliki jerawat justru dapat memperburuk jerawat. Maka demikian, bersihkan atau gosok kulit dengan lembut menggunakan sikat badan yang lembut pula.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.