Now Reading:
Ini 5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah yang Wajib Kamu Tahu
Full Article 3 minutes read

Ini 5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah yang Wajib Kamu Tahu

kholic.id – Mendapatkan wajah yang cerah, bersih, dan halus tidak hanya membutuhkan perawatan luar, tetapi juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah rajin mengkonsumsi buah dan sayuran, misalnya tomat.

Tomat terkenal dengan kandungan lycopene yang tinggi mampu membuat wajah terlihat berseri. Selain baik dimakan langsung atau diminum dalam bentuk jus, tomat juga memiliki khasiat besar bila dioleskan langsung ke wajah. Berikut 5 manfaat tomat untuk kulit wajah yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengecilkan Pori-Pori

Tomat sangat cocok digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit. Kamu dapat menyamarkan pori-pori kulit wajah dengan mengkompres wajahmu menggunakan handuk hangat sehingga pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Kemudian, celupkan kapas ke dalam jus tomat dan oleskan ke wajah dengan gerakan memutar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin, maka pori-porimu akan tampak lebih kecil.

2. Mengatasi Jerawat

Zat asam yang terkandung dalam tomat dapat membantu menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah. Siapkan satu buah tomat lalu hancurkan dan ratakan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga 20 menit lalu bilas. Oleskan tomat ini setiap hari dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Tomat dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jadi jangan kaget jika tomat dikenal efektif untuk mencerahkan wajah. Triknya cukup mudah. Cuci tomat secara menyeluruh, kemudian iris tipis menjadi potongan-potongan. Setelah itu, tempelkan potongan tomat tadi ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit agar kandungan tomat meresap ke dalam kulit. Bilas dengan air dan jangan lupa untuk melakukannya secara teratur untuk hasil yang maksimal.

4. Mengatasi Kulit Berjerawat

Wajah berminyak tidak hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga membuat wajah terlihat kusam. Jadi bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak bisa menggunakan tomat untuk mengatasinya. Untuk membuat kadar minyak pada wajah berkurang, kamu bisa menggunakan tomat yang dicampur dengan mentimun lalu diblender hingga halus. Usapkan ke wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Tomat juga mengandung antioksidan yang baik untuk wajah. Dengan rajin menggunakan tomat sebagai masker, itu berarti kamu telah melindungi wajahmu dari berbagai radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada kulit wajah.

Itulah beberapa manfaat tomat di atas tentunya bisa kamu jadi referensi untuk menjadikan tomat salah satu perawatan kulit harianmu. Selamat mencoba chingudeul.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.