Now Reading:
MUA Asal Korea, Dain Yoon Ciptakan Makeup Ilusi Optik yang Menakjubkan
Full Article 3 minutes read

MUA Asal Korea, Dain Yoon Ciptakan Makeup Ilusi Optik yang Menakjubkan

kholic.id – Berawal dari kecintaanya pada film dan komik horor, seniman Dain Yoon asal Korea Selatan berani mengekspresikan diri dengan berbagai lukisan ilusi di atas tubuh.

Sudah 3 tahun gadis alumni Universitas Seni Korea ini menggeluti dunia pada seni tubuh ilusi optik. Sejak itu, tanpa bantuan Photoshop, ia mulai dikenal oleh dunia, terutama Instagram (@designdain).

Tak sedikit orang kembali melihat dengan seksama hasil karya seni Dain Yoon di Instagram. Kuas-kuas kecil dan cat tubuh, luwes ia gariskan menjadi karya seni yang tertampung di atas mata, mulut, bahkan tubuhnya. Sering kali ia menciptakan efek blur, atau menggabar pola yang rumit.

Riasan ilusi optik Dain Yoon adalah cerminan dari bagaimana ia melihat dunia, “Orang-orang hidup dalam iusi,” ujarnya. “Orang-orang melihat segala sesuatu dengan cara subjetif mereka sendiri.

Sudut pandang yang berbeda inilah yang membuat dunia menjadi rumit, bahkan terkadang membingungkan. Seperti banyak artis sebelumnya, ia memilih untuk mengekspresikan karyanya kepada dunia dengan berjalan ke luar, terkecuali jika lukisannya tertera di atas tubuh. “Aku menganggap wajahku merupakan sebuah halaman dari buku harian. Aku melukis kesanku ketika bertemu dengan orang-orang,” ungkap Dain Yoon.

 

View this post on Instagram

 

눈길 ____________________________ This is not photoshopped. It’s a real painting. 🎨

A post shared by Dain Yoon (@designdain) on

Bagaimanapun, mata menjadi keahliannya sekaligus hal yang paling senang digambar. Ia sangat percaya pepatah jika mata adalah jendela bagi jiwa. “Aku rasa mata adalah ‘pintu’ yang menghubungkan orang-orang. Meskipun kita hidup dengan pata terbuka, kita sering terdistorsi pada sebuah perspektif. Aku rasa mata menjadi sebuah subjek yang menarik untuk karyaku.”

Selain itu, “Ada orang-orang dengan visi yang hidup tanpa mengharapkan sesuatu. Dan ada orang-orang tanpa visi yang hidup [tapi] menantikan sesuatu. Jadi aku ingin mengekspresikan ‘aksi melihat’ lewat karya-karyaku. Akhinya aku melukis banyak melukis mata ilusi yang realistis.”

 

View this post on Instagram

 

I felt like i became a Russian doll

A post shared by Dain Yoon (@designdain) on

Demi semua ilusinya, Dain Yoon menggunakan wajah sendiri sebagai kanvas. Hal tersebut menciptakan tantangan tersendiri. “Bahkan secara realistis sulit untuk menggambarkan subjek di atas kertas. Menggabar pada tubuh sendiri melalu pantulan pada cermin adalah proses yang sangat sulit. Berjam-ham melukis lewat cermin sering membuatku pusing,” ungkapnya.

Demi memastikan sukses atau tidaknya, ia terus bolak-balik melihat cermin dan kamera selama 3 hingga 12 jam. Ia menjelaskan, ” Melihat dari pantulan cermin dan sudut pandang pada kamera berbeda. Jadi hanya mengandalakan cermin untuk melikis memberikan padangan terdistorsi pada fto karena aku menangkap subjek tiga dimensi pada dua dimensi.”

Sumber: (1), (2), (3)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.