Now Reading:
10 Makanan yang Bisa Cegah Jerawat dan Kerusakan Kulit
Full Article 2 minutes read

10 Makanan yang Bisa Cegah Jerawat dan Kerusakan Kulit

kholic.id – Banyak bahan makanan yang dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kulit termasuk jerawat saat dijadikan bahan utama masker dan krim perawatan lain.

Akan tetapi, sebetulnya semua makanan yang kaya manfaat ini juga mampu berikan hasil yang sama saat dikonsumsi langsung. Asalkan dimasak dalam jangka waktu singkat seperti di-blanch (masukkan 10 detik dalam air mendidih lalu angkat) atau tumis sebentar, kandungan vitamin, mineral, dan protein lain akan tetap bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Apa sajakah makanan tersebut? Ini dia!

Butiran quinoa, salmon, dan lemon. | Foto: cookinglight

1. Kale. Mengandung serat yang sangat tinggi, vitamin, dan mineral, sayuran yang masih berkeluarga dengan kubis ini bisa kurangi hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, dan sembuhkan luka dari dalam dengan waktu lebih cepat.

2. Ubi. Tinggi kandungan retinol (vitamin A) yang mampu memerangi jerawat dan keriput.

3. Lemon. Saat dibuat jus, kandungan astringent-nya dapat mengencangkan kulit dari dalam serta memudarkan bekas jerawat.

4. Labu. Olahan buah labu dalam masakan dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih (sebum) di wajah.

5. Buah Beri. Tinggi kandungan vitamin C yang dapat langsung menutrisi kulit, memudarkan dan mencegah timbulnya bintik hitam.

6. Kacang Polong. Saat dimasak, tumbuhan ini dapat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga baik untuk mengurangi timbulnya jerawat.

7. Pepaya. Kandungan papain dalam buah ini mampu mengeskfoliasi sel kulit mati, memudarkan bekas jerawat, menghidrasi kulit dari dalam, dan menghindari kulit dari tumbuhnya breakout (jerawat dalam jumlah banyak).

8. Quinoa. Tumbuhan padi-padian dengan bulir paling kecil di dunia ini mampu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga bisa bersihkan kulit, hindari jerawat, dan lenyapkan bintik hitam.

9. Salmon. Ikan yang hidup di perairan dingin ini tinggi Omega 3 yang mampu lindungi kerusakan kulit dari terpaan sinar matahari, bintik hitam, dan cegah kulit dari sel kanker.

10. Kembang Kol. Mulai sering dipakai sebagai pengganti beras, nyatanya kembang kol tinggi amino acid yang dapat mencegah timbulnya bintik hitam dan jadi ‘selimut’ uyang baik dari terpaan sinar UV.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.