Now Reading:
Efek Samping Minuman Alkohol pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Full Article 2 minutes read

Efek Samping Minuman Alkohol pada Kesehatan dan Kecantikan Kulit

kholic.id – Jelang akhir tahun, banyak yang bersiap lakukan pesta tutup tahun bersama teman dekat dan diramaikan dengan minuman beralkohol.

Alkohol sebetulnya adalah zat toksin (racun) yang dapat merusak tubuh. Bila dikonsumsi berlebihan, tak hanya organ tubuh yang mengalami penurunan kinerja tapi juga kulit terutama di area wajah. Berikut adalah efek samping bagi kesehatan dan kecantikan kulit jika terdapat kelebihan konsumsi alkohol.

Efek Langsung

– Minuman beralkohol, terutama red wine, mengandung histamin dan tyramin yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga membuat rona wajah lebih merah. Hal ini sebaiknya dihindari bagi penderita alergi kulit seperti rosacea dan pemilik kulit sensitif.

– Wajah jadi lebih bengkak terutama di area kantung mata. Tak hanya itu, karena memberikan efek dehidrasi dan ‘panas’, bagian tubuh lain seperti kaki dan telapak tangan juga akan membengkak.

Efek Sehari Setelah Minum

– Di pagi hari, kulit jadi terasa lebih kering dan dehidrasi karena kurangnya asupan air putih.

– Kulit wajah jadi lebih merah dan terasa hangat saat disentuh. Kondisi ini bisa berlangsung hingga beberapa hari setelah konsumsi minuman beralkohol.

– Minuman beralkohol yang sudah ‘diracik’ menjadi cocktail miliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga tingkatkan kadar glukosa. Akibatnya, jerawat hingga breakout (jerawat dalam jumlah banyak di satu area wajah) akan muncul di wajah.

Efek Jangka Panjang

– Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan pembuluh kapiler pecah sehingga membuat wajah merah dalam waktu lama, terutama di area sekitar hidung dan pipi.

– Alkohol dapat merusak kinerja liver. Cairan toksin dalam minuman alkohol akan menumpuk di sel darah sehingga mengakibatkan masalah kulit seperti tumbuhnya banyak jerawat (breakout), eksim, hingga berlebihnya produksi sebum (kelenjar minyak) di wajah.

– Kulit jadi sulit untuk regenerasi dan mendapatkan kelembapan alami. Akibatnya, wajah jadi terlihat kusam, warna kulit tidak rata, tekstur wajah jadi timbul banyak kerutan, serta kulit kendur.

Harus diingat, apa yang kita makan dan minum akan berakibat langsung pada kesehatan dan kesegaran tubuh secara keseluruhan. Konsumsilah minuman beralkohol dalam jumlah wajar dan penuh tanggung jawab serta imbangi dengan asupan air putih atau buah yang mengandung banyak air.

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.