Now Reading:
5 Tips Ahli Dermatologi untuk Jaga Kesehatan Kulit Selama Musim Dingin
Full Article 2 minutes read

5 Tips Ahli Dermatologi untuk Jaga Kesehatan Kulit Selama Musim Dingin

kholic.id – Masuki akhir tahun, banyak negara dilingkupi udara dingin dan kering serta cuaca yang lebih lembap.

Untuk menghindari segala masalah kulit yang mengiringi perubahan musim, intip beberapa tips di bawah ini yang dilansir dari The Klog bersama para dermatologis dan ahli kecantikan di New York.

1. Hilangkan Kebiasaan Konsumsi Alkohol

Tak sedikit orang yang berusaha menyingkirkan suhu dingin dengan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Padahal sebetulnya, “Terlalu banyak konsumsi alkohol justru semakin membuat kulit menjadi dehidrasi dan mempersempit pembuluh darah sehingga membuat wajah menjadi kemerahan dan iritasi.”

2. Pakai Sunsreen

Satu kesalahan terbesar yang dilakukan saat musim dingin adalah sengaja tidak menggunakan sunscreen. Paparan sinar UVB memang melemah saat cuaca mendung. Akan tetapi, sinar UVA yang mengakibatkan timbulnya garis halus, penuaan dini, dan kerusakan kulit lain jutsru sama kuatnya seperti saat musim panas.

3. Pasang Humidifier

Cuaca dingin biasanya menghasilkan udara pengap di dalam ruangan karena tidak adanya perputaran udara bersih seperti saat musim lainnya.

Gunakan mesin humidifier terutama di ruangan ber-AC atau tertutup. Alat ini tidak hanya berfungsi untuk mejaga kulit tetap lembap, tetapi juga, “Mencegah orang untuk menghirup udara kering saat beraktivitas hingga tidur. Tak hanya itu, alat ini juga berguna untuk mencegah dan mengobati sinusitis dan sakit tenggorokan yang biasanya timbul saat cuaca dingin.”

4. Eksfoliasi Kulit

Cuaca dingin terkadang justru membuat kulit lebih terasa kasar karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengatasi masalah ini, lakukanlah eksfoliasi baik dengan menggunakan scrub atau chemical exfoliant (AHA/BHA) setiap 2 kali seminggu.

Dengan melakukan eksfoliasi kulit secara teratur, “Kulit tubuh dan wajah akan lebih mudah menyerap kelembapan dan zat penting yang ada dalam skincare terutama serum, krim, dan perawatan hidrasi lainnya.”

5. Perbanyak Gunakan Produk ‘Hydrating’ dibanding ‘Moisturizing’

Sama seperti mengubah gaya busana saat musim panas dan dingin, rangkaian produk skincare juga harus disesuaikan mengikuti musim.

Udara yang dingin dan kering biasanya datang mengiringi musim dingin. Untuk mencegah masalah kulit dehidrasi seperti bibir pecah-pecah, kulit kering, mengelupas, hingga iritasi kemerahan, mulailah gunakan rangkaian produk skincare yang menghidrasi kulit dengan ciri bahan utama yang terbuat dari air (H2O).

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.