Now Reading:
Inilah 6 Manfaat Mengagumkan dari Tea Tree Oil yang Wajib Kamu Tahu
Full Article 3 minutes read

Inilah 6 Manfaat Mengagumkan dari Tea Tree Oil yang Wajib Kamu Tahu

kholic.id – Khasiat dari tea tree oil (minyak pohon teh) tidak perlu dipertanyakan lagi. Minyak alami ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya dalam hal kecantikan wajah.

Tea tree oil sendiri merupakan minyak atsiri esensial yang dihasilkan dari tanaman Melaleuca Alternifolia. Tumbuhan ini merupakan tanaman penghasil minyak kayu putih yang ditemukan terutama di Australia dan Oceania. Tanaman ini cukup populer karena manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan luka ataupun jerawat. Nah, berikut ini akan dijelaskan 6 manfaat menakjubkan dari tea tree oil untuk kecantikan yang harus kamu tahu.

1. Mengobati Jerawat

Bisa dibilang tea tree oil adalah salah satu bahan pengobatan alami untuk jerawat. Ternyata di dalam kandungan tea tree oil terdapat sifat antibakteri yang kuat. Oleh sebab itu, tea tree oil juga dapat mengurangi produksi sebum kulit yang membuat kulit berminyak. Kamu dapat menggunakan tea tree oil untuk membuat masker wajah alami. Ambil 2-3 tetes tea tree oil dan campurkan dengan lidah buaya. Kedua ekstrak tersebut akan membantumu menyembuhkan jerawat.

2. Melembapkan Kulit

Kulit yang lembap dan lembut bisa kamu dapatkan dengan tea tree oil. Caranya pun sangat mudah, pijat kulit secara teratur dengan tea tree oil membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak jojoba atau minyak zaitun untuk memaksimalkan manfaatnya.

3. Melawan Infeksi Pada Kulit

Karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, tea tree oil sangat efektif dalam mengobati dan menyembuhkan berbagai infeksi di kulit, mulai dari kutil sampai kurap.

Kamu bisa mengobati infeksi kulitmu dengan cara yang lebih cepat. Penelitian dari University of Maryland Medical Center menyarankan pengobatan herbal sederhana ini: Sebelum tidur, lapisi kutil dengan beberapa tetes tea tree oil dan tutupi dengan kulit pisang. Tempelkan kulit pisang ini dan jangan dilepas sampai pagi. Ulangi proses ini setiap malam selama kira-kira tiga minggu sampai akhirnya kutil menghilang.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jika ingin memiliki rambut tumbuh dengan sehat, tea tree oil bisa menjadi jawabannya. Beberapa tetes tea tree oil dicampur dengan minyak esensial dan dipijatkan ke kulit kepala akan membuka folikel rambut, memberi nutrisi pada akar dan membantu kulit kepala untuk merangsang pertumbungan rambut. Perlu diperhatikan, jangan lupa mencampur dengan minyak esensial lainnya karenatea tree oil terlalu kuat untuk digunakan langsung ke kulit.

5. Mengatasi Masalah Pernafasan

Rupanya, masalah pernafasan seperti bronkitis, sinusitis dan bahkan asma dapat diobati dengan tea tree oil. Ya, kandungan anti-bakterinya efektif membunuh kuman dan virus pada masalah pernafasan. Cukup tambahkan 1-2 tetes minyak pohon teh untuk diuapkan, atau oleskan minyak pada dada dan kaki. Campirkan dengan respirator untuk membantu proses penyembuhan.

6. Mengatasi Infeksi Telinga

Sifat anti-bakteri dalam minyak pohon teh juga befungsi sebagai obat untuk infeksi telinga. Pengunaannya tidak dimasukkan langsung ke lubang telinga, tetapi diaplikasikan pada tiga bagian luar telinga. Kamu bisa melakukannya dengan meneteskan 1-2 tetes tea tree oil pada cotton ball, letakkan di area luar telinga. Tapi harus diingat, jangan menaruh tea tree oil ke dalam telinga karena dapat menyebabkan lebih banyak infeksi pada telinga.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.