Now Reading:
Zat Kimia dalam Skincare yang Aman dan Bahaya untuk Ibu Hamil
Full Article 3 minutes read

Zat Kimia dalam Skincare yang Aman dan Bahaya untuk Ibu Hamil

kholic.id – Saat hamil, ada beberapa hal yang harus dihindari demi menjaga kesehatan ibu dan terutama janin yang ada dalam kandungan.

Tak terkecuali, hal yang harus dihindari adalah bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan wajah alias skincare. Berikut adalah beberapa bahan kimia yang masuk kategori aman, bahaya, dan diperbolehkan oleh dokter saat digunakan oleh ibu hamil.

1. Retinol – BAHAYA

Zat ini sering ditemukan dalam produk skincare anti-ageing (penuaan dini). Ibu hamil sebaiknya menghindari produk yang mengandung vitamin A termasuk beberapa zat turunannya seperti retinol, retinoid acid (Retin A), adapalene (Differin), dan tazarotene (Tazorac) karena dapat menghambat pertumbuhan janin.

2. Salicylic Acid – AMAN/BAHAYA

Zat yang satu ini masih terbilang tricky karena terdapat pro dan kontra terkait penggunaan kepada ibu hamil.

Beberapa obat jerawat yang mengandung salicylic acid sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Akan tetapi, banyak pula dokter yang berargumen bahwa sedikit presentase dari salicylic acid (2% atau lebih rendah) masih dalam taraf aman untuk ibu hamil. Jika masih ragu-ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

3. Benzoyl Peroxyde – AMAN

Zat benzoyl peroxyde masih dalam perdebatan soal kemananannya bagi ibu hamil. Akan tetapi, telah disepakati bahwa penggunaannya masih dalam taraf aman dan boleh asalkan konsentratnya miliki kadar 5% atau kurang.

4. Hydroquinone – BAHAYA

Bahan yang masih banyak ditemukan dalam produk pencerah wajah ini dapat langsung berefek pada janin sehingga sebaiknya dihindari. Jika selama proses kehamilan terdapat masalah kulit kusam atau bintik hitam karena hiperpigmentasi, lebih baik lakukan eksfoliasi dengan skincare berbahan alami dengan kandungan lemon.

5. Vitamin C – AMAN

Zat vitamin C yang biasanya terdapat dalam serum masih dalam taraf aman penggunaannya bagi ibu hamil. Gunakan produk vitamin C untuk melenyapkan bintik hitam, dan menjaga kulit tetap kenyal dan bebas kerutan selama proses kehamilan.

6. Alpha-Hydroxyl Acid (AHA) – AMAN

Zat lain yang masih dalam kategori aman sebagai bahan skincare untuk ibu hamil adalah AHA. Pilihlah dalam bentuk varian produk lotion yang ringan di kulit dengan kandungan utama 70% getah pohon birch (bahan utama AHA) agar dapat menyejukkan kulit, sekaligus menghidrasi.

7. Niacinamide, Hyaluronic Acid, Peptides – AMAN

Tiga zat ini biasanya ditemukan sebagai bahan utama produk anti penuaan dini. Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa zat niacinamide, hyaluronic acid, dan peptides berbahaya bagi ibu hamil dan janin sehingga masih dalam taraf aman dalam penggunaan.

8. Avodenzone dan Oxybenzone – BAHAYA

Dua zat ini sering ditemukan sebagai bahan utama krim atau lotion sunscreen. Sebetulnya, avodenzone dan oxybenzone tidak dianjurkan penggunaannya bukan karena efek sampingnya yang berbahaya. Dua zat ini justru tidak pernah dites ke ibu hamil sehingga penggunaannya juga sebaiknya dihindari.

Satu yang terpenting, sebelum menggunakan produk skincare apapun, konsultasikan terlebih dahulu soal keamanannya kepada dokter kandungan karena setiap orang miliki masalah dan reaksi alergi yang berbeda.

Akan tetapi, jika sudah masuk kategori berbahaya, sebaiknya zat-zat di atas dihindari sebentar demi kesehatan dan keamanan ibu dan bayi.

Sumber: nudieglow

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.