Now Reading:
Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan-Bahan Alami Ini
Full Article 3 minutes read

Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan-Bahan Alami Ini

kholic.id – Pernah mengalami tumit yang kaku, kering, dan pecah-pecah? Itu bisa membuat kamu tidak nyaman melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi, semua masalah itu juag bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Craked heels atau tumit pecah-pecah adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang dari segala usia. Hal itu mudah terjadi karena kurangnya kelembapan area tumit karena terlalu lama memakai sepatu, salah menggunakan sabun, atau terlalu lama terkena air. Tenang dulu, kini ada banyak banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Lemon dan Garam

Merendam kaki dalam air hangat dengan campuran perasan lemon dan garam diketahui dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, dan juga dapat mencegah infeksi apa pun. Langkah ini juga dapat mengobati kulit pecah-pecah pada bagian tumit. Caranya letakkan kaki dalam air rendaman tersebut sekitar 30 menit. Diamkan sejenak sampai cairan masuk ke pori-pori. Jika sudah selesai, angkat kaki dan bilas dengan air bersih.

2. Air Mawar dan Glycerin

Air mawan dan glycerin juga terbukti memecahkan masalah tumit yang pecah-pecah. Air mawar mengandung anti-septik dan anti-bakteri yang menjaga kulit dari proses iritasi. Sementara kandungan vitamin A dan E dalam air mawan bekerja sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan glycerin sendiri nantinya akan berperan sebagai pelembab kulit. Glycerin akan mengikat cairan dan menyerap kadar air dari lingkungan agar kelembapan kulit terjaga. Kamu dapat menerapakan metode ini dengan mengoleskannya pada bagian kaki atau tumit yang pecah-pecah secara ruti.

3. Minyak Sayur

Minyak sayur juga bisa kamu gunakan sebagai pelembap agar kulit kakimu tidak pecah-pecah. Kami juga bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond yang dioleskan secara merata pada kulit tumit yang pecah-pecah. Minyak-minyak essensial ini dapat menembus jauh ke dalam kulit dan meningkatkan kelembapan kulit.

4. Daun Mimba

Daun Mimba (Neem) juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati kulit yang pecah-pecah. Campurkan rebusan daun mimba dengan jeruk dan madu, lalu oleskan secara merata pada kulit tumit yang pecah-peca. Daun mimba diketahui memiliki fungsi antijamur dan membantu menyingkirkan semua bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleskan tiga kali seminggu untuk membantu melembapkan kulit yang kering dan mengecilkan pori-pori.

5. Tepung Beras dan Madu

Scrub tepung beras dan madu dapat menghilangkan kulit pecah-pecah di tumit. Madu dikenal sebagai pelembab yang baik, sedangkan tepung beras membantu menghilangkan kulit pecah-pecah. Kamu hanya perlu merendam kakimu di air campuran tadi. Kemudian diamkan selama 15 menit agar khasiat tepung beras dan madu bisa meresap ke dalam kulit secara maksimal. Pastikan semua area kamu terendam.

6. Cuka

Ternyata cuka juga dapat digunakan untuk melembutkan kulit. Cuka selama ini juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Jika diaplikasikan ke kulit kita sifat anti-inflamasi ini tentu saja akan mencegah iritasi pada kulit, termasuk kuit tumit pecah-pecah.

Untuk itu, gunakan air hangat yang dicampur dengan cuka selama beberapa menit dapat melunakkan sel-sel kulit mati. Kemudian gosok dengan batu apung agar kulit mati dapat terangkat. Setelah itu jangan lupa oleskan pelembap agar kulit tidak kering.

7. Minyak Mustard

Minyak Mustrad dikenal sebagai pelembab alami yang dapat mengobati kulit dan bibirmu. Minyak ini dipercaya bisa lebih menyembuhkan bibir dan tumit pecah-pecah. Untuk menerapkannya, pijat tumit dengan minyak mustard sesaat sebelum tidur. Kemudian gunakan kaus kaki untuk hasil maksimal. Dan kakimu akan jauh lebih baik di pagi hari.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.