Now Reading:
Fakta Menarik Rosehip Oil yang Tidak Banyak Orang Tahu
Full Article 2 minutes read

Fakta Menarik Rosehip Oil yang Tidak Banyak Orang Tahu

kholic.id – Penggunaan skincare berupa minyak alami tumbuhan beberapa tahun belakangan mulai marak dipakai, salah satunya adalah rosehip oil.

Rosehip oil merupakan minyak esensial yang didapat dari kuncup bunga mawar jenis Rosa moschata, Rosa rubiginosa, atau Rosa canina yang masih berbentuk biji. Cairan minyak esensial alami inilah yang dipakai sebagai satu rangkaian perawatan wajah. Lalu apa yang membuat rosehip oil kini banyak dipakai dan diakui keistimewaannya di belahan Barat dan Timur?

Tumbuhan mawar Rosa rubiginosa yang jadi sumber rosehip oil. | Foto: danishschnaps

1. Sumber Antioksidan yang Membuat Kulit Lebih Lembut

Minyak dari biji rosehip miliki kandungan antioksidan tocopherol dan carotenoid yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Rosehip oil juga miliki banyak kandungan linoleic acid yang sangat baik dalam memerangi jerawat.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan C yang tinggi membuat rosehip oil cocok diaplikasikan ke tipe kulit apapun. Jika digunakan teratur, kualitas kolagen dan elastin kulit akan semakin meningkat sehingga kulit secara berangsur menjadi lebih kencang, sehat, dan kerutan berkurang.

2. Membantu Menyembuhkan Bekas Luka di Kulit

Sering lakukan perawatan kulit seperti peeling (pengelupasan kulit), eksfoliasi, atau bahkan menggunakan obat jerawat yang keras dapat membuat lapisan tisu di area kulit terluka. Sehingga, kulit wajah jadi kemerahan dan supersensitif.

Rosehip Oil miliki kemampuan untuk ‘menyembuhkan’ masalah tersebut dengan cara menutup kembali retakan/pecahan mikro di lapisan tisu epidermis (kulit terluar). Molekul dari minyak esensial ini juga mampu menyerap dengan sangat baik sehingga menyeimbangkan produksi minyak dan kelembapan kulit dari dalam.

3. Memaksimalkan Kinerja Skincare Andalan

Rosehip oil akan lebih terasa manfaatnya saat dipakai bersamaan dengan skincare lain, terutama yang mengandung antioksidan.

Satu yang harus dicatat, karena berbahan dasar minyak esensial, rosehip oil paling baik saat dipakai bersamaan dengan skincare berbasis krim seperti moisturizer atau krim malam.

4. Minyak Esensial yang Serbaguna

Ingin hindari kulit kering saat lakukan penerbangan? Aplikasikan beberapa tetes rosehip oil ke wajah sebelum pesawat take off. Rosehip oil juga sangat baik digunakan setelah berenang, terkena paparan sinar matahari yang cukup lama, atau penyelamat saat kulit terasa sangat kering ketika musim dingin.

Tak hanya itu, bagi ibu hamil yang mengalami rasa gatal atau kulit kering di area perut dan ingin menghindari stretch marks, rosehip oil bisa dijadikan ‘obat’ yang aman.

Jadi, masih ragu untuk memakai rosehip oil?

Sumber: elle

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.