Now Reading:
Manfaat Cuka Apel Pada Jerawat
Full Article 2 minutes read

Manfaat Cuka Apel Pada Jerawat

kholic.id – Cuka Apel (Apple Cider Vinager) disebutkan sangat baik untuk sistem pencernaan. Tapi tahukah kamu bahwa itu juga bisa membuat jerawat menghilang.

Cuka Apel adalah salah satu senjata alam yang paling efektif untuk menyembuhkan sebagian besar masalah yang berkaitan dengan kulit (terutama jerawat). Meskipun, belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan bawha cuka apel membantu mengobati jerawat, tapi media stylecraze telah mengumpulkan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa produk itu berguna dalam memerangi bakteri penyebab jerawat.

Cuka sendiri sangat efektif dalam membunuh banyak strain bakteri. Meskipun tidak banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cuka apel dapat membunuh strain bakteri yang menyebabkan jerawat, senyawa organik yang ditemukan dalam cuka dapat melakukan itu. Mari lihat:

1. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Dua studi terpisah yang diterbitkan dalam Applied Microbiology and Biotechnology dan International Journal of Cosmetic Science mengklaim bahwa asam asetat, asam laktat, asam sitrat, dan asam suksinat dapat membunuh Propionibacterium acnes atau P. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat, dan cuka apel mengandung semua asam yang disebutkan tadi.

2. Membantu Mengurangi Jerawat

Studi lain yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology menemukan bahwa orang-orang mengaplikasikan lotion yang mengandung asam laktat di wajah mereka akan mengalami pengurangan jerawat. Cuka apel juga mengandung asam laktat.

3. Mengungari Scars

Cuka apel mungkin membantu mengurangi scars (bekas jerawat). Ada banyak senyawa organik yang membantu dalam proses ini. Ketika kamu menggunakan asam langsung di wajah, proses ini disebut chemical peeling. Ketika dilakukan dengan asam suksinat, chemical peeling menekan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Bahkan asam laktar mampu meningkatkan kondisi kulit bagi penderita jerawat. Karena cuka apel mengansung semua asam ini, kita dapat mengharapkan hasil yang menjanjikan.

Di sisi lain, kamu bisa menggunakan cuka apel dalam dua cara, pertama menerapakan secara topikal (campurkan dalam face pack atau aplikasikan cairan cuka aple langsung pada kulitmu). Kedua bisa menambahkan satu sendok teh ke minuman pagimu.

Sumber: stylegraze

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.