Now Reading:
6 Cara Natural dan Aman Hilangkan Jerawat untuk Ibu Hamil
Full Article 2 minutes read

6 Cara Natural dan Aman Hilangkan Jerawat untuk Ibu Hamil

kholic.id – Banyak wanita yang mengalami peningkatan hormon di masa kehamilan, salah satunya ditandai dengan tumbuhnya jerawat.

Meski biasanya jerawat tersebut bersifat sementara dan hanya muncul di masa kehamilan trimester pertama dan kedua, masalah kulit yang satu ini cukup mengganggu. Daripada merasa tidak nyaman dengan wajah yang berjerawat, ada baiknya ibu hamil mulai merawat kulit dan melenyapkan jerawat dengan 6 bahan alami ini.

1. Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Tuang cuka apel ke kapas yang bersih lalu usapkan ke jerawat dan area wajah yang berminyak. Untuk natural toner, campurlah cuka apel dengan air bersih dan matang dengan perbandingan 1:3. Toner ini kaya dengan enzim dan alpha hydroxy acid yang dapat memerangi bakteri jerawat secara aman.

Sebagai catatan, pilih cuka apel yang 100% tidak mengandung alkohol.

2. Baking Soda

Zat aktif dalam baking soda mampu mengeringkan jerawat dengan cepat dan menyerap kelebihan minyak. Buatlah salep (spot treatment) dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air matang. Oleskan hanya di bagian jerawat, biarkan kering, lalu bilas.

3. Buah Sitrus

Buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk nipis miliki kandungan alpha hyroxy acid natural yang dapat mengangkat sumbatan pori dan mengikis sel kulit mati.

Ambil jus buah sitrus dengan cara diperas secara manual, lalu usapkan tetesan air sitrus dengan menggunakan kapas ke area tumbuhnya jerawat. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

4. Madu

Madu asli miliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang juga mampu menyamankan kulit yang radang kemerahan karena jerawat.

Cara penggunaannya, cuci wajah terlebih dulu dengan air hangat, lalu oleskan madu langsung ke area yang berjerawat. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas kembali dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa miliki zat antibakteri dan antijamur (antifungal) yang bersifat menyembuhkan bagi kulit. Minyak ini juga dapat menenangkan kulit yang infeksi, bersifat menyejukkan, dan mudah menyerap.

Untuk hilangkan jerawat, cukup usapkan ke seluruh wajah sebagai pengganti pelembap di malam hari.

6. Masker Oatmeal dan Timun

Campuran antara oatmeal dan timun dapat menenangkan kulit yang radang karena bersifat menyejukkan. Sebagai perawatan di rumah, campurlah oatmeal dengan parutan timun hingga rata seperti bubur, lalu simpan di lemari es hingga dingin.

Tempelkan ke wajah seperti masker, diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.