Now Reading:
Alis Sering Gatal, Ini 5 Penyebab Utamanya
Full Article 3 minutes read

Alis Sering Gatal, Ini 5 Penyebab Utamanya

kholic.id – Area alis yang terkadang terasa gatal biasanya sering diabaikan karena dianggap akan hilang dengan sendirinya. Padahal, rasa gatal di area alis bisa menjadi gejala iritasi atau penyakit tertentu yang butuh penanganan khusus.

Saat alis gatal, perhatikan apakah ada satu atau lebih tanda-tanda seperti kulit kering yang mengelupas (flaking), kemerahan, benjolan, rasa panas seperti terbakar, sakit yang cenderung nyeri, perih, atau rasa sakit dan tidak nyaman yang serupa dengan bagian tubuh lain.

Jika satu atau beberapa gejala di atas kerap muncul, bisa jadi itu merupakan pertanda atau efek samping dari hal berikut.

1. Alis yang Sering Dicabut/Dicukur atau Perawatan Kecantikan Lain Seperti Sulam Alis

Perawatan kecantikan alis seperti waxing, pencabutan, pencukuran, hingga sulam alis yang kini sedang hits bisa mengakibatkan iritasi bagi kulit sekitar alis yang sensitif.

Biasanya, rasa gatal yang disertai sedikit pembengkakan dan radang kemerahan bisa hilang dalam beberapa hari. Akan tetapi, jika dalam waktu lebih dari 1 minggu rasa tidak nyaman tidak kunjung hilang, segeralah periksa ke dokter.

2. Seborrheic Dermatitis

Kondisi ini sedikit mirip dengan ketombe yang ada di kulit kepala karena adanya kulit kering yang mengelupas dan mengakibatkan gatal, terutama saat kulit sekitar alis mulai berkeringat atau berminyak.

Kondisi ini biasanya semakin timbul saat cuaca lebih lembap dan dingin. Untuk menghindari seborrheic dermatitis, ada baiknya lakukan pembersihan di area alis dengan lebih seksama.

3. Penyakit Kulit Psoriasis

Jika terdapat psoriasis di area wajah, rasa gatal akan ikut menjalar ke area alis, dahi, garis rambut, hingga kulit di area bibir atas-bawah hidung.

Saat kulit terasa gatal, timbul gejala seperti bersisik, kering mengelupas, hingga kemerahan. Gejala ini bisa disebut kronis dan mengharuskan pengobatan lebih lanjut.

4. Parasit Kulit

Hewan parasit seperti kutu kecil (mite) yang mengisap darah biasanya sering menetap di area alis dan menyebabkan gatal.

Rasa gatal ini ditimbulkan dari efek alergi bekas gigitan hewan tersebut. Cara mengatasinya, sering-seringlah bersihkan tempat tidur, bantal, sofa, hingga jok mobil yang sering bersentuhan dengan area kulit wajah dan alis.

5. Virus Penyakit Kulit Lainnya

Beberapa virus penyakit kulit seperti shingles (herpes zooster) dapat muncul di area alis. Kemunculannya biasanya diawali dengan lepuhan kecil di kulit yang terasa sangat gatal, kemudian pecah dan menyebar ke area sekitarnya. Kondisi kulit ini harus diobati secara tuntas agar tidak menyebar ke area lain.

Meski sebagian besar rasa gatal di area alis bukanlah hal serius, tidak ada salahnya kini Chingudeul mulai memperhatikan kebersihan area alis dengan lebih seksama, ya!

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.