Now Reading:
Hilangkan Stretch Marks dengan 5 Bahan yang Mudah Didapat di Rumah
Full Article 2 minutes read

Hilangkan Stretch Marks dengan 5 Bahan yang Mudah Didapat di Rumah

kholic.id – Perubahan bentuk tubuh seiring dengan pertumbuhan fisik seseorang biasanya diiringi dengan timbulnya stretch marks di permukaan kulit.

Stretch marks biasanya timbul karena efek kehamilan atau pubertas. Awalnya, stretch marks terlihat seperti garis ‘pecahan’ kulit berwarna kemerahan atau keunguan yang lama kelamaan pudar dan berubah transparan.

Banyak orang berusaha menghilangkan stretch marks dengan berbagai cara. Akan tetapi, tahukah Chingudeul bahwa stretch marks bisa disamarkan bahkan hilang lewat perawatan yang bahannya mudah ditemukan di rumah? Apa saja?

1. Vitamin A

Vitamin A di sini adalah retinoid, zat yang biasanya ada dalam skincare dan mampu haluskan kulit serta membuatnya tampak lebih muda. Zat ini banyak ditemukan sebagai komposisi body lotion.

Lakukan diet dengan perbanyak konsumsi sayuran tinggi vitamin A seperti wortel dan ubi kuning juga sangat membantu. Selain itu, rutin meminum vitamin A dalam bentuk kapsul juga dapat hilangkan stretch marks dari dalam.

2. Gula

Zat glukosa dalam butiran gula miliki fungsi microdermabrasion bagi kulit. Untuk hilangkan stretch marks, cukup lakukan scrub dengan butiran gula yang dicampur dengan minyak alami (minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun) hingga teksturnya seperti pasir pantai yang basah.

Tambahkan air perasan lemon lalu oleskan ke bagian tubuh yang terdapat stretch marks seperti lulur. Diamkan 10 menit, bilas. Lakukan rutinitas ini secara teratur hingga stretch marks memudar.

3. Aloe Vera

Cairan gel aloe vera diakui banyak orang miliki seribu manfaat. Selain mampu menenangkan kulit yang iritasi, aloe vera juga mampu lembutkan kulit yang terdapat stretch marks. Caranya mudah, cukup oleskan lapisan bening dari tumbuhan aloe vera ke kulit yang terdapat stretch mark setiap hari, diamkan hingga kering.

4. Hyaluronic Acid

Zat Hyaluronic acid atau yang lebih dikenal dengan sebutan kolagen sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaganya agar tetap muda. Minumlah kapsul atau vitamin yang mengandung kolagen secara teratur agar stretch marks dapat memudar secara perlahan.

5. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa telah diakui oleh banyak peneliti sebagai zat yang mampu menyembuhkan luka dan masalah kulit, termasuk stretch marks yang ada di sekitar tubuh. Cukup oleskan minyak kelapa murni di area kulit yang terdapat stretch marks secara teratur, diamkan hingga meresap. Lakukan rutinitas ini setiap hari hingga bekas stretch marks memudar sepnuhnya.

Sumber: healthline

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.