Now Reading:
5 Tanda Kulit dan Tubuh Mulai Kekurangan Vitamin D
Full Article 2 minutes read

5 Tanda Kulit dan Tubuh Mulai Kekurangan Vitamin D

kholic.id – Jelang akhir tahun, iklim dan perubahan cuaca di hampir banyak negara mulai berubah menjadi lebih lembap dan dingin. Sinar matahari semakin jarang terlihat, akibatnya asupan vitamin D akan semakin berkurang.

Secara umum, vitamin D dapat diperoleh lewat sinar matahari pagi yang menyentuh kulit. Hangat sinar ini akan membantu tubuh memproduksi dan melakukan penyerapan kalsium dan mengedarkannya ke seluruh tulang. Lalu, apa tandanya jika tubuh mulai kekurangan vitamin D? Ini dia 5 gejala utamanya!

1. Merasa Sedih dan Galau Berkepanjangan

Serotonin adalah hormon yang berhubungan langsung dengan otak dan perubahan mood. Hormon ini dapat meningkat seiring kulit yang terkena pancaran sinar terang dari matahari. Lewat beberapa studi dari jurnal ilmiah di Amerika, orang yang kurang vitamin D miliki kemungkinan depresi 11 kali lipat lebih besar.

2. Miliki Masalah Perut dan Pencernaan

Merasa perut jadi lebih buncit atau kembung saat cuaca dingin? Bisa jadi itu tanda tubuh kurang vitamin D. Salah satu fungsi vitamin D di dalam tubuh adalah sebagai zat peluruh lemak. Jika lemak tubuh (terutama perut) terus bertambah, dipastikan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin D juga semakin berkurang.

3. Merasakan Sakit dan Ngilu Tulang

Kurang vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis dan massa tulang yang lemah, serta persendian yang tidak baik. Jika Chingudeul mulai merasakan nyeri tulang atau persendian, terutama saat masuki musim hujan dan dingin, besar kemungkinan tubuh mulai kekurangan vitamin D.

4. Tubuh Merasa Lebih Lemah

Sebuah penelitian dari Universitas Harvard menyatakan, jumlah asupan vitamin D berpengaruh langsung pada kemampuan kontrol otot dalam tubuh. Saat seseorang mendapatkan cukup vitamin D, maka kontrol tubuh terhadap kinerja otot akan semakin baik. Tubuh jadi lebih bugar dan tidak cepat lemas.

5. Berkeringat Lebih Banyak dari Biasanya

Tubuh berkeringat menandakan adanya metabolisme yang baik. Akan tetapi, jika area wajah dan kepala terus berkeringat meski melakukan aktivitas ringan, bisa jadi ini meupakan pertanda tubuh kurang vitamin D. Biasanya, hal ini sangat mudah ditemukan pada bayi dan balita.

Sumber: elle

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.